Indonesia Bakal Punya 4 Level Kompetisi di 2018

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi.
Sumber :
  • Twitter/@pssi__fai

VIVA.co.id – Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 akan segera digulirkan oleh PSSI, bekerja sama dengan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator. Dua level kompetisi Indonesia saat ini, akan jadi fase pertama PSSI untuk menggelar tiga level kompetisi di 2018.

Stefano Lilipaly Perpanjang Kontrak di Borneo FC

Liga 1 akan mulai digelar pada 15 April 2017 mendatang. Sedangkan Liga 2, akan bergulir mulai 19 April 2017. Dua level kompetisi ini akan jadi permulaan bagi PSSI membangun kompetisi di Indonesia.

Untuk Liga 1, nantinya akan ada tiga tim terbawah dari 18 klub yang akan terdegradasi. Sementara itu, tiga tim teratas Liga 2 akan naik ke Liga 1.

Persib Mulai Panaskan Mesin

Hal menarik ada di Liga 2. Kompetisi kasta kedua Indonesia saat ini diikuti oleh 60 klub dari berbagai daerah. Liga 2 ini nantinya akan menelurkan tim yang akan masuk dalam Liga 3. Dengan penjabaran, peringkat satu sampai 24 tim akan tetap berada di Liga 2. Sementara itu, 36 klub sisa akan terdegradasi ke Liga 3.

"Nanti di tahun 2018, klub urutan satu sampai 24 yang saat ini ada (di Liga 2) tetap di Liga 2. Kemudian sisanya, 36 klub, akan masuk ke dalam Liga 3. Klub Liga 3, atau yang kita sebut Liga Nusantara saat ini, nantinya akan masuk dalam Liga 4," ujar Ketua Umum PSSI, Letjen TNI Edy Rahmayadi kepada wartawan, Kamis 30 Maret 2017.

Agenda Persib Selama Masa Jeda Kompetisi

"Kami ingin menjadikan kompetisi ini nantinya profesional. Jadi, Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 ini profesional. Jenjangnya (promosi-degradasi) akan dimulai di tahun 2018. Kan, enggak mungkin klub amatir tiba-tiba jadi profesional," katanya.

Kesimpulannya, Indonesia akan memiliki empat kasta sepakbola di 2018. Tiga level teratas akan menjadi kompetisi profesional, sedangkan Liga 4 akan jadi kompetisi di level amatir. (asp)

 PSDS vs PSPS di Stadion Baharoeddin Siregar, Kabupaten Deliserdang

PSDS Digasak PSPS, Pelatih Zefrizal: Belum Kiamat, Ada 3 Pertandingan Lagi

Dengan kekalahan PSDS ini, membuat persaingan di grup B babak playoff semakin ketat.

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2024