Satu dari 10 Penduduk Catalan Dukung Real Madrid

Ilustrasi. Aksi penduduk membawa bendera-bendera pro-kemerdekaan Catalan.
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Sebuah studi ilmiah yang dilakukan oleh Centre of Opinion Studies for Generalitat menemukan fakta menarik. Yakni, 1 dari 10 penduduk Catalan memilih mendukung Real Madrid.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Padahal, Madrid merupakan musuh abadi klub asal Catalan, Barcelona. Dan hubungan kedua daerah ini tidak pernah harmonis, karena sebagai Ibu Kota, Madrid dianggap musuh bagi Catalan yang ingin merdeka.

Dilansir Marca, hasil penelitian menunjukkan, 10,4 persen penduduk Catalan mendukung Madrid. Sedangkan Barcelona dipilih oleh 77,5 persen responden. Lalu, ada nama Espanyol dengan dukungan 3,6 persen.

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Sedangkan tim lain yang berasal dari luar Catalan, Atletico Madrid, berada di tingkat paling bawah dengan dukungan 1,2 persen. Di atas mereka ada Athletic Bilbao dengan dukungan 1,4 persen.

Jika diambil contoh untuk Tim Nasional Spanyol, ditemukan sebanyak 22,3 persen sangat bangga jika Tim Matador memetik kemenangan. Ada 32,6 persen yang bangga namun biasa saja.

Kata Guardiola Usai Manchester City Disingkirkan Real Madrid

Namun, ada juga 16,9 persen yang masuk kategori bangga sedikit, menyusul kemudian 16,9 persen yang tidak bangga. Dan di tempat terakhir sebanyak 14,2 persen merasa tidak memiliki rasa apa-apa lagi. (ase)

Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024