PSSI Masih Tunggu Respons FIFA Soal Regulasi Baru Liga 1

Logo di kantor FIFA
Sumber :

VIVA.co.id – PSSI sampai saat ini masih menunggu respons FIFA terkait regulasi baru Liga 1. PSSI sebelumnya menetapkan dua regulasi baru yang menjadi sorotan, terkait pembatasan usia pemain, marquee player, dan penggunaan pemain muda (U-23).

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Hingga saat ini, tiga regulasi yang jadi terobosan baru PSSI di kompetisi masih menuai banyak pro dan kontra. Sebab, banyak anggapan jika tiga regulasi tersebut masih belum bisa diterapkan dalam kompetisi Liga 1. Dalam hal ini, regulasi marquee player dan pembatasan usia, bisa mematikan karier pemain yang usianya di atas 35 tahun dan pemain lokal itu sendiri.

Menurut Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI, Hanif Thamrin, pihaknya masih menunggu respons dari FIFA terkait hal ini. Hanif memprediksi setidaknya dalam satu atau dua hari ke depan, FIFA akan memberikan jawabannya terkait regulasi baru yang ditetapkan PSSI.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Soal optimisme respon FIFA, PSSI memiliki keyakinan penuh regulasi ini bisa mendapat dukungan. Sebab, sebelum mengirimkan surat ke FIFA, PSSI lebih dulu berkomunikasi dengan AFC selaku konfederasi Asia. 
Dikatakan Hanif, AFC adalah pihak yang mengerti betul bagaimana perkembangan situasi sepakbola negara-negara Asia. AFC juga sudah memberikan dukungan untuk PSSI bisa mengajukannya ke FIFA.

"Kita sudah berkomunikasi dengan FIFA lewat email dan whatsapp. Kita juga sudah kirimkan surat terkait regulasi ini. Mungkin dalam satu atau dua hari ke depan FIFA akan memberi respons. Proses ini kan paralel. Jadi harus melewati pertimbangan beberapa bagian di FIFA, Direktur Kompetisi, Bagian Regulasi, dan lain-lain,  ujar Hanif saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 5 April 2017 pagi WIB.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

"Kalau AFC, mereka sebenarnya tidak menganggap ini sebagai pelanggaran. Mereka justru mendukung kita untuk mencoba membicarakannya dengan FIFA. Karena, AFC lebih mengerti perkembangan dan uniknya sepakbola Asia.

Seluruh publik sepakbola Indonesia masih menunggu kepastian regulasi ini. Sebab, waktu kick off Liga 1 hanya kurang dari dua pekan lagi. Liga 1 sudah akan mulai digelar pada 15 April 2017 mendatang. (hd)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022