Kekuatan Lini Belakang, Beda Juventus dengan PSG

Para pemain Barcelona merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVA.co.id – Barcelona kembali harus membuat keajaiban saat berhadapan dengan Juventus, dalam laga leg kedua perempat final Liga Champions. Lionel Messi cs wajib memangkas defisit tiga gol, jika ingin lolos ke semifinal.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Peluang Barcelona memang masih terbuka, mengingat pasukan Luis Enrique sebelumnya mampu comeback saat laga kontra Paris Saint-Germain (PSG). Barcelona sukses mendepak PSG, setelah lebih dulu tertinggal 0-4 dalam laga leg pertama. Barcelona mampu menggasak PSG 6-1 dalam laga leg kedua di Camp Nou beberapa waktu lalu.

Namun, Juventus bukanlah PSG. Dua komandan lini belakang, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci, adalah sosok sentral yang membuat Juventus memiliki pertahanan kokoh. 

Prediksi Semifinal Coppa Italia: Lazio vs Juventus

Hal ini yang menjadi sorotan eks bintang Juventus dan Barcelona, Zambrotta. Menurutnya, Juventus sangat berbeda dengan PSG. Bukan hanya kekuatan lini belakang, Juventus juga memiliki mental dan sikap yang berbeda dengan PSG di atas lapangan.

Selain itu, Zambrotta juga melihat kekuatan lini depan Juventus yang juga cukup tajam. Dengan ketajaman di lini depan yang diisi Gonzalo Higuain, Paulo Dybala, dan Juan Cuadrado, Juventus dinilai memiliki kekuatan seimbang

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Tak hanya itu, Zambrotta juga mengkritisi hasil negatif yang kerap dituai Barcelona saat tampil di laga kandang. Bukan hanya PSG dan Juventus, Barcelona juga pernah terkapar di markas Malaga dan Deportivo La Coruna di ajang La Liga.

"Tahun ini, mereka banyak melakukan kesalahan dalam laga tandang. Paris Saint-Germain (PSG), Malaga, Deportivo La Coruna, dan Juventus. Perbedaannya dengan Juventus adalah perilaku (di lapangan)," kata Zambrotta, yang dikutip Express.

"Barcelona tidak memiliki masalah taktik. Tapi, satu hal (masalah) mental dan sikap. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada PSG, mereka (Juventus) bertahan lebih baik. Barcelona sangat ofensif, tapi Juventus sangat kuat dengan (Paulo) Dybala, (Gonzalo) Higuain, dan (Juan) Cuadrado. Saya pikir, mereka tidak akan bermain bertahan," ujar mantan bek kiri itu.

Barcelona wajib tampil habis-habisan dalam laga leg kedua perempat final Liga Champions di Camp Nou, Kamis 20 April 2017 dini hari WIB. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya