PSM Makassar Kembali Permasalahkan Status Maitimo di Persib

Raphael Maitimo (kanan) bersama Munarfi Arifuddin usai penandatanganan kontrak
Sumber :
  • Dok. PSM Makassar

VIVA.co.id – Manajemen PSM Makassar kembali mempersoalkan status pemain naturalisasi Raphael Maitimo yang saat ini telah berseragam Persib Bandung. Pasalnya, Persib Bandung memasukkan Maitimo ke dalam lineup pada laga tandang- melawan PS TNI, di Stadion Pakansari, Sabtu kemarin, 22 April 2017.  

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Menurut Direktur Umum PSM, Irsal Ohorella, meskipun hanya di bangku cadangan, Maitimo seharusnya belum bisa dimasukkan ke dalam line-up. Alasannya, pemain berdarah Belanda itu masih terikat kontrak dengan PSM.

"Saat Persib bertanding melawan PS TNI, ada nama Raphael Maitimo di daftar susunan pemain atau line-up Persib sebagai pemain cadangan. Bagi manajemen PSM ini sangat aneh," kata Irsal dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 23 April 2017.

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama

Irsal menjelaskan, Maitimo hingga saat ini masih memiliki utang dengan tim Ayam Jantan terkait kontrak. Terlebih, kata dia, Maitimo belum mendapatkan surat pelepasan dari manajemen PSM.

"Mengingat pemain yang bersangkutan masih terikat kontrak dengan PSM dan belum mendapat surat pelepasan," ucap Irsal.

Kunci Persita Tangerang Imbangi Persib Bandung meski 2 Kali Tertinggal

Seharusnya, menurut Irsal, pihak penyelenggara Liga 1 dalam hal ini PT Liga Indonesia Baru memberikan perhatian khusus terkait polemik tersebut. Secara administratif, Maitimo masih terikat dengan PSM Makassar.

"Bagaimana bisa Maitimo mendapat pengesahan, bahkan sampai masuk line-up, sedangkan dia masih tersangkut masalah dengan PSM yang telah mengontrak dan memberikan uang muka," jelasnya.

Jika Maitimo masih dibiarkan bermain di Liga 1, Irsal mengungkapkan pihaknya akan melayangkan surat  kepada manajemen Persib dan PT LIB. Isi surat tersebut, manajemen PSM ingin mempertegas soal status Maitimo yang masih terikat dengan PSM.

"Karena waktu itu (sebelum bergabung di Persib) ada niat dari pihak Maitimo segera mengembalikan DP (uang muka) kontrak kemarin. Tapi sampai sekarang belum ada," ungkapnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya