10 Hal yang Harus Diketahui dari El Clasico

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • Mirror

VIVA.co.id – Bisa dipastikan, Senin dini hari, perhatian jutaan pasang mata dunia akan tertuju pada pertandingan akbar El Clasico. Real Madrid akan menjamu musuh abadi mereka, Barcelona.

Jude Bellingham Bakal Jadi Legenda Real Madrid

Markas Madrid, Santiago Bernabeu akan menghelat pertandingan klasik ini. Sebelum kick off, tak ada salahnya kita mengetahui 10 hal menarik untuk diketahui dari laga ini.

1. Rivalitas kedua tim sudah berlangsung selama 115 tahun
Semua bermula di 13 Mei 1902. Barcelona memenangkan pertandingan atas Madrid di ajang Coronation Cup, El Barca menang dengan skor 3-1. Kemudian Madrid mengalahkan Barcelona 2-1 dan menjuarai liga yang saat itu baru digelar perdana, 17 Februari 1929.

Bicara Kekalahan dari Madrid, Bek Barcelona Silang Pendapat dengan Xavi

Dari dua pertandingan tersebut kedua tim selalu berhasrat untuk saling mengalahkan untuk "balas dendam".

2. Lionel Messi, pencetak gol terbanyak El Clasico
Pemain asal Argentina ini memimpin pencetak gol terbanyak El Clasico dengan 21 gol dari 33 pertemuan, 14 di antaranya di La Liga. Dia mengalahkan raihan legenda Los Blancos, Alfredo di Stefano (18), Cristiano Ronaldo (19). Namun, Messi tidak pernah lagi mencetak gol ke gawang Madrid dalam enam pertemuan terakhir.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

3. Manuel Sanchis, pemain dengan penampilan terbanyak
Raul Gonzalez dan Francisco Gento memang menjadi mantan pemain Real Madrid yang paling banyak melakoni El Clasico di LaLiga. Namun untuk hitungan di semua kompetisi, Manuel Sanchis adalah orangnya. Dia sudah bermain di 43 El Clasico, 29 di antaranya di LaLiga

4. Margin skor tertinggi
El Clasico pernah berakhir dengan skor 8-2 untuk kemenangan Madrid, tepatnya di pekan ke-10 liga di musim 1934-1935. Sedangkan kemenangan terbesar Barcelona di Bernabeu terjadi di musim 1973-1974, dengan skor 5-0, disusul musim 2008-2009 dengan skor 6-2.

5. Selalu ada gol
El Clasico yang berakhir tanpa gol terjadi 23 November 2002, di Camp Nou. Setelah itu, gol tidak pernah absen di pertemuan kedua klub. Sedangkan di Bernabeu, pertandingan tanpa gol terakhir terjadi di musim 1986-1987

6. Mitos tuan rumah
Siapa pun yang menjadi tuan rumah, tidak berarti mereka akan menjadi pemenang. Di tiga pertemuan terakhir, Barcelona di Bernabeu 4-0, lalu Madrid menang di Camp Nou 2-1 dan bermain imbang di pertemuan terakhir 1-1.

7. Gol mayoritas pemain asing
Sergio Ramos dan Andres Iniesta adalah pemain asal Spanyol terakhir yang mencetak gol di El Clasico yang dihelat di Bernabeu. Ramos mencetak gol di kemenangan Madrid 2-1, musim 2012-2013, dan Iniesta mencetak gol di musim 2015-2016 saat timnya menang 4-0.

8. Madrid lebih rajin mencetak gol
Kemenangan Madrid atas Bayern Munich di ajang Liga Champions menjadi penanda Los Blancos selalu mencetak gol di 55 pertandingan.

9. Distribusi gol
Di kubu Barcelona, mayoritas gol mereka dihasilkan dari trio MSN (Messi, Suarez, Neymar). Messi mencetak 29 gol, Suarez 23 dan Neymar 9 gol di LaLiga. 61 dari 91 gol Barcelona dihasilkan ketiganya.

Sedangkan untuk Madrid, pencetak gol mereka bisa dari pemain mana saja. Trio BBC (Bale, Banzema, Cristiano) mencetak 35 dari total 82 gol. Ronaldo mencetak 19 gol, Benzema 9 gol dan Bale 7 gol.

Pemain lain yang mencetak gol untuk Madrid adalah Alvaro Morata (11), Isco (9), Sergio Ramos (7). Hampir semua pemain Madrid sudah mencetak gol di LaLiga, seperti Dani Carvajal dan Fabio Coentrao.

10. 2 tim, 14 negara
Real Madrid dan Barcelona memiliki skuat yang terdiri dari beberapa negara. Total, ada 14 negara di dalamnya.

Pemain kedua tim berasal dari Brasil (5), Prancis (4), Portugal (4), Kroasia (3), Jerman (2), sisanya satu pemain mewakili Kosta Rika, Kolombia, Wales, Republik Dominika (Mariano lahir di Spanyol, namun memilih Republik Dominika untuk tim nasionalnya) Belanda, Turki and Uruguay. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya