Lagi, Kinerja Wasit Liga 1 Menuai Kontroversi

Duel Perseru Serui vs Persiba Balikpapan.
Sumber :
  • https://twitter.com/persibafc_media

VIVA.co.id – Polemik kinerja wasit kompetisi Liga 1 kembali memunculkan sorotan tajam. Kali ini, nama wasit Dodi Setia Purnama yang memimpin laga tuan rumah Perseru Serui kontra Persiba Balikpapan yang menuai kritikan.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Dalam laga yang berlangsung Selasa 25 April 2017 di Stadion Marora, Serui tersebut banyak keputusan dari sang pengadil lapangan hijau diklaim pihak tim tamu mengundang banyak kontroversi. Salah satunya atas seringnya keputusan offside mana kala serangan mengalir ke arah tim tuan rumah.

Terkait kinerja wasit tersebut, pelatih kepala Persiba, Timo Schuenemann menganggap banyak dari keputusan-keputusan yang beraroma kontroversial.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

“Jadi begini, ada kesempatan untuk pemain kami seperti Heri Susanto dan Bijahil Chalwa yang mungkin bila tak ditiup (offside), mungkin hasilnya lain. Tapi, sekali lagi, wasit di luar dari kuasa kami,” ujar Timo, dilansir situs resmi klub.

Hal senada meluncur dari pernyataan kapten tim berjuluk Beruang Madu tersebut, Marlon da Silva. Penyerang Brasil itu mengatakan seharusnya wasit bisa mengambil keputusan dengan bijak dan tidak langsung memutuskan untuk memberikan offside yang dapat merugikan timnya.

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

“Tidak ada apa-apa langsung kasih off-side. Padahal itu harus lihat dulu bagaimana, jangan langsung memberikan off-side. Padahal bek mereka (Perseru) ada di belakang. Tidak ada apa-apa, tiba-tiba off side,” tegas Marlon.

“Babak pertama di 15 menit kami main bagus. Bisa main passing di depan. Tapi setelah itu kami salah posisi. Di babak kedua, kami buat gol satu. Tapi kami kalah 2-1. Sekarang kami harus fokus dan tatap ke depan dan kerja keras lagi agar bisa menang. Babak kedua kami main bagus, tapi kami tak bikin dua gol,” tambahnya.

Di babak kedua, Persiba tampil menyerang. Banyak peluang yang tercipta. Namun, lagi-lagi ada keputusan wasit yang membuat timnya tak mampu mengejar ketinggalan. Persiba pun akhirnya harus mengakui keunggulan skor 1-2 untuk tim tuan rumah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya