West Bromwich Vs Chelsea: Saatnya Segel Gelar Juara

Para pemain Chelsea saat merayakan gol Diego Costa (tengah).
Sumber :
  • Reuters / John Sibley

VIVA.co.id - Persaingan perebutan gelar juara Premier League sudah hampir memasuki tahap akhir. Chelsea berpeluang menyegel gelar juara pada pekan ke-36 di markas West Bromwich Albion, Sabtu 13 Mei 2017.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Chelsea hingga saat ini masih bertahan di puncak klasemen dengan raihan 84 poin. Diego Costa cs hanya butuh tambahan 3 poin untuk bisa memastikan diri sebagai juara Premier League musim ini.

Rival terdekat Chelsea saat ini adalah Tottenham Hotspur yang berada di posis 2 dengan raihan 77 poin. Atau kalah 7 poin dari Chelsea yang berada dalam posisi terdepan meraih gelar juara.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Artinya, Chelsea bisa juara bila memenangkan duel kontra West Bromwich di The Hawthorns nanti. Sebab, Tottenham sudah tak mungkin mengejar Chelsea karena kompetisi tinggal menyisakan 2 laga dan hanya menghasilkan 6 poin.

Keuntungan Chelsea, tak lepas dari kekalahan 0-1 Tottenham dari West Ham United di pekan 35. Bek Chelsea, Gary Cahill, menilai hasil tersebut membuat timnya terasa lebih tenang dalam meraih gelar.

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

"Usai hasil yang diraih Tottenham, bahkan ketika berlatih, spirit kami amat tinggi. Semua orang menikmatinya. Sedikit tekanan berkurang dari pundak kami. Kadang Anda bisa membuat kesalahan jika santai, namun itu tak terjadi pada kami," kata Cahill dilansir Daily Star.

"Saya lebih menikmatinya sekarang, ketimbang saat keadaannya masih begitu ketat. Kami menang, Tottenham juga, tekanannya terus terasa. Memiliki pemain berpengalaman amat membantu kami," tuturnya.

Walau begitu, Cahill menegaskan bila para pemain Chelsea belum merasa puas. Mereka masih menjalani latihan seperti biasanya.

"Tidak ada rasa puas diri. Kami terus berlatih dengan cara yang sama. Semua orang menginginkan trofi juara lebih dari sebelumnya. Kami sudah siap," ujarnya.

West Bromwich yang kini menempati posisi 8 dengan 45 poin memang diprediksi sulit untuk bisa menjegal Chelsea. Terlebih, skuat Tony Pulis itu belum menang dalam 6 laga terakhirnya di Premier League.

The Hawthorns Tidak Ramah

Chelsea memang diunggulkan pada laga kontra West Bromwich nanti. Namun, The Blues punya catatan yang cukup buruk saat bertandang ke Hawthorn.

Menilik pertemuan kedua tim, West Bromwich tercatat 3 kali mampu menjegal langkah Chelsea di 6 pertemuan terakhir mereka. Chelsea juga 3 kali takluk dari West Bromwich dari 6 kunjungan terakhir ke Hawtorn.

"Laga di West Brom akan sulit, memang selalu seperti itu. Itu bukan tempat yang bagus untuk dikunjungi. Kami harus menyadari itu dan harus tahu bahwa kami harus menuntaskan semuanya di sana," kata Cahill dilansir Daily Star.

Sementara itu, manajer Tony Pulis menilai Chelsea memang layak untuk menjadi juara di musim ini. Penampilan tim asuhan Antonio Conte itu cukup konsisten sejak awal musim.

"Pertama, saya kira anda harus memberi Chelsea, Antonio Conte dan pemainnya pujian yang hebat. Mereka punya kesempatan bagus menangkan dua gelar," ujar Pulis kepada Sky Sports.

"Mereka layak berada di mana mereka berada saat ini. Mereka sangat konsisten dan datang ke tempat kami dengan kans memenangkan pertandingan," sambungnya.

Walau begitu, Pulis menegaskan takkan membiarkan Chelsea merayakan gelar juara di markasnya. Dia ingin memberikan fans West Bromwich kemenangan atau minimal hasil seri pada laga nanti.

"Mereka pantas dapat banyak pujian, tapi kami punya tanggung jawab kepada fans. Kami tetap mengincar poin yang mengantar kami bertahan di posisi delapan jadi kami akan bermain untuk itu. Kami siap menghadapi pertandingan," ujarnya.

Pulis mengaku belum menyiapkan strategi khusus di laga nanti. Dia hanya ingin pasukannya benar-benar tampil habis-habisan saat melawan Chelsea, dan tak mengulangi kekalahan 0-1 seperti di pertemuan pertama.

"Kami tidak punya rencana apapun untuk mereka. Kami cuma siap menatap pertandingan sepakbola. Ada banyak cara bagi mereka dan kami, dan kami akan berusaha mati-matian membuat laga berjalan menarik dan bagus," kata Pulis.

Data dan Fakta Pertandingan

Chelsea memang lebih diunggulkan dalam pertandingan nanti ketimbang West Bromwich. Ini menyusul catatan apik pasukan Antonio Conte tersebut.

Sedangkan West Bromwich sedang tidak dalam kondisi cukup baik. Berikut data fakta dari kedua tim yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Chelsea hanya kalah 3 kali dari 29 pertandingan terakhir mereka di Premier League

2. West Bromwich Albion hanya menang satu kali dari enam pertemuan terakhir melawan Chelsea (M1 S2 K3)

3. West Bromwich Albion memenangkan 3 dari enam laga kandang terakhir mereka melawan Chelsea (M3 S1 K2)

4. Chelsea sedikitnya mencetak 3 gol di 3 pertandingan terakhir mereka di ajang EPL

5. West Bromwich kalah di 3 laga kandang terakhir mereka di ajang Premier League dengan margin 1 gol saja

6. West Bromwich gagal mencetak gol di tiga laga kandang terakhir mereka di ajang Premier League

7. Chelsea selalu mendapat kartu merah di dua kunjungan terakhir mereka ke Hawthorn

8. Diego Costa mencetak 3 gol di 5 pertandingan terakhirnya melawan The Baggies

Statistik Kedua Tim
Head to Head

11/12/16  Chelsea  1 - 0  West Bromwich Albion
14/01/16  Chelsea  2 - 2  West Bromwich Albion
23/08/15  West Bromwich Albion  2 - 3  Chelsea
19/05/15  West Bromwich Albion  3 - 0  Chelsea
22/11/14  Chelsea  2 - 0  West Bromwich Albion
 
Lima Pertandingan Terakhir West Bromwich Albion
05/04/17  Watford  2 - 0  West Bromwich Albion
08/04/17  West Bromwich Albion  0 - 1  Southampton
16/04/17  West Bromwich Albion  0 - 1  Liverpool
29/04/17  West Bromwich Albion  0 - 1  Leicester City
06/05/17  Burnley  2 - 2  West Bromwich Albion

Lima Pertandingan Terakhir Chelsea
16/04/17  Manchester United  2 - 0  Chelsea
22/04/17  Chelsea  4 - 2  Tottenham Hotspur (FA Cup)
26/04/17  Chelsea  4 - 2  Southampton
30/04/17  Everton  0 - 3  Chelsea
09/05/17  Chelsea  3 - 0  Middlesbrough

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya