Ajax Amsterdam Jadi Penantang MU di Final Liga Europa

Pertandingan Lyon vs Ajax Amsterdam
Sumber :
  • Reuters / Robert Pratta

VIVA.co.id – Olympique Lyon menjamu Ajax Amsterdam dalam leg kedua semifinal Liga Europa di Parc Olympique Lyonnais, Jumat 12 Mei 2017. Tim tuan rumah sukses mengakhiri laga dengan keunggulan 3-1.

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Akan tetapi, kemenangan itu menjadi tidak berarti. Sebab, mereka tetap kalah agregat 4-5 dari Ajax. Alhasil, wakil Belanda tersebut akan menjadi lawan Manchester United di pertandingan final Liga Europa musim ini.

Meski bermain di kandang lawan dan sudah unggul agregat 4-1, Ajax tetap bermain menyerang. Dalam 25 menit babak pertama, mereka mampu menciptakan dua peluang emas.

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Namun, baru pada menit ke-27 tim tamu mampu membuat publik tuan rumah terhenyak. Kasper Dolberg menceploskan bola ke gawang Lyon yang dijaga Anthony Lopes.

Ketika babak pertama sudah hampir usai, bek Ajax, Matthijs De Ligt melakukan pelanggaran di dalam kotak 16 besar. Wasit tanpa ragu menghadiahi Lyon dengan tendangan penalti.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Alexandre Lacazette yang dipercaya menjadi eksekutor mampu menuntaskan tugasnya dengan baik. Dan selang satu menit kemudian, tim tuan rumah justru berbalik unggul 2-1 melalui gol Nabil Fekir.

Memulai babak kedua, permainan tak banyak berubah. Ajax mulai waspada dengan lebih banyak menaruh pemain di area pertahanan. Hal itu membuat tim tuan rumah kesulitan menciptakan peluang.

Akhirnya, pertahanan Ajax mampu ditembus pada menit ke-81. Rachid Ghezzal yang berdiri di mulut gawang menanduk bola yang tak mampu dijangkau oleh Andre Onana.

Skor 3-1 untuk keunggulan Lyon bertahan hingga pertandingan usai. Tim tuan rumah tentu kecewa berat, mengingat upaya mereka untuk merebut tiket ke final menjadi sia-sia.

Susunan pemain

Lyon: Anthony Lopes; Nicolas Nkoulu, Mouctar Diakhaby, Corentin Tolisso, Alexandre Lacazette, Jeremy Morel (Maciej Rybus  75'), Nabil Fekir, Rafael, Maxime Gonalons, Maxwel Cornet, Mathieu Valbuena (Rachid Ghezzal 77')

Ajax Amsterdam: Andre Onana; Joel Veltman (Kenny Tete 64'), Davinson Sanchez, Bertrand Traore, Davy Klaassen, Amin Younes (Justin Kluivert 82'), Lasse Schone (Donny van de Beek 58'), Hakim Ziyech, Kasper Dolberg, Nick Viergever, Matthijs de Ligt

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya