TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Rumitnya Perebutan Tiket Liga Champions di Premier League

Selisih gol dan jumlah kemasukan pun jadi penting.
Rumitnya Perebutan Tiket Liga Champions di Premier League
Pemain Liverpool melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Everton (Reuters / Carl Recine)

VIVA.co.id – Persaingan di papan atas Premier League masih sangat keras. Dua tiket ke Liga Champions masih diperebutkan oleh tiga tim.

Manchester City, Liverpool, dan Arsenal masih bersaing demi mendapatkan dua tiket sisa ke Liga Champions. Bicara dalam situasi yang normal, Arsenal mungkin yang paling berat peluangnya.

Sebab, mereka harus menghadapi tim sekelas Everton di partai pamungkas. Sementara itu, ManCity dan Liverpool punya lawan yang terbilang ringan.

ManCity harus melawan Watford, yang sudah pasti selamat dari degradasi. Lalu, Liverpool harus menghadapi Middlesbrough yang sudah pasti terdegradasi.

Situasi di Premier League bisa saja rumit andai terjadi beberapa situasi yang krusial. Penentuan siapa yang berhak atas satu tiket Liga Champions mungkin saja dilalui lewat partai playoff di tempat netral.

Kenapa ada playoff? Sesuai dengan regulasi Premier League, playoff bisa terjadi jika nantinya selisih gol, produktivitas gol, dan jumlah kemasukan, antara dua klub yang bersaing sama. Dan, itu bisa saja terjadi di Premier League musim ini.

Bagaimana playoff bisa terjadi? Berikut kemungkinannya seperti dikutip Daily Mirror:

1. Liverpool versus Arsenal

Bila Liverpool kalah 0-2 dari Middlesbrough dan Arsenal imbang 1-1 melawan Everton. Dengan kondisi ini, The Gunners dan Liverpool akan memiliki poin yang sama.

Selisih gol, produktivitas, dan jumlah kemasukan antara Arsenal serta Liverpool akan imbang. Alhasil, Liverpool dan Arsenal harus melakoni playoff di tempat netral.

2. Arsenal versus ManCity

Arsenal bisa saja naik ke peringkat ketiga. Ini terjadi andai Arsenal mengalahkan Everton 1-0, dan ManCity kalah 0-4 dari Watford. Dalam posisi ini, Arsenal dan The Citizens akan memiliki poin, selisih gol, produktivitas, dan jumlah kemasukan yang sama.

Keduanya bisa bertarung di partai playoff, menentukan posisi ketiga dan keempat, bergantung pada hasil yang diraih Liverpool.

3. Liverpool versus ManCity

Liverpool dan ManCity juga bisa bersaing di partai playoff demi menentukan posisi ketiga. Itu terjadi andai Liverpool menang tiga gol tanpa balas atas The Boro.

Lalu, ManCity imbang 3-3 atas Watford. Dengan demikian, komposisi poin, selisih gol, produktivitas, dan jumlah kemasukan keduanya akan sama. (art)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP