TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

FIFA Ubah Format Penilaian Pemain Terbaik Dunia

Tak berlaku untuk Ballon d'Or yang sudah lepas dari FIFA.
FIFA Ubah Format Penilaian Pemain Terbaik Dunia
Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menerima penghargaan. (REUTERS/Ruben Sprich)

VIVA.co.id – FIFA memutuskan untuk mengubah format penilaian dalam acara penghargaan mereka. Format tersebut sudah digunakan mulai 2017 ini.

Biasanya, format penilaian dalam penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA dilakukan selama satu tahun kalender. Tapi, FIFA menetapkan penilaian dalam kalender musim kompetisi.

Dengan demikian, musim ini Liga Champions akan menjadi momen penentu dalam penilaian performa pemain. Sebab, malam penghargaan FIFA akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2017 di London.

Aturan ini tak berlaku di kawasan Amerika Selatan dan beberapa negara lain. Sebab, kalender kompetisi mereka bukan seperti di Eropa yang dimulai sejak Agustus dan berakhir pada Juni.

Terkait siapa yang memiliki hak suara, masih sama. FIFA akan melibatkan kapten, pelatih Timnas, Presiden Federasi, serta jurnalis, dalam pemungutan suara.

Nominasinya pun masih sama. Kategori pemain terbaik pria dan wanita, pelatih terbaik pria serta wanita, Puskas Award, FIFA Fairplay Award, penghargaan fans, serta starting eleven terbaik di dunia, masih menjadi kategori penghargaan FIFA.

Tapi, patut dicatat, format ini tak berlaku untuk penghargaan Ballon d’Or. Mereka masih menggunakan format lama karena sudah tak berada dalam otoritas FIFA. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP