Scudetto Juventus Dekatkan Mimpi Raih Treble

Para pemain Juventus
Sumber :
  • Reuters / Giorgio Perottino

VIVA.co.id – Juventus selangkah lagi mampu mewujudkan mimpi menyabet treble winners musim ini. Setelah memastikan gelar Coppa Italia dengan mengalahkan Lazio 2-0 di final, Juve melanjutkan sukses dengan menyegel Scudetto Serie A.

Inter Milan Pastikan Scudetto Bintang Kedua, Ini 7 Tim Tersukses di Serie A

Crotone menjadi tamu Juve dalam mewujudkan misi memastikan Scudetto, Minggu 21 Mei 2017. Sekilas Crotone bukan lawan yang sulit. Apalagi, Juve tampil di hadapan pendukung sendiri, di Juventus Stadium.

Namun, ada hal yang bisa menjadi pengganjal Juve dalam misi merebut Scudetto kali keenam beruntun. Crotone sedang bernafsu mengamankan diri dari degradasi.

Prediksi Semifinal Coppa Italia: Lazio vs Juventus

Crotone datang ke markas Juve dengan modal tak terkalahkan dalam 7 pertandingan terakhir. Tim besutan Davide Nicola ini sukses meraup 17 poin dari laga-laga tersebut.

Sebaliknya, Juve malah datang dengan kondisi kurang optimal. Meski baru saja merebut gelar Coppa Italia, Bianconeri gagal menang dalam 3 pertandingan terakhir Serie A, dengan dua hasil imbang dan satu kekalahan dari AS Roma, akhir pekan lalu.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Beruntung, Juve tetap menunjukkan mental juara mereka. Mereka memupus semua keraguan dengan kemenangan 3-0.

Mario Mandzukic membuka keunggulan tuan rumah di menit 12, usai memanfaatkan sodoran Juan Cuadrado. Juve menggandakan keunggulan di menit 39, lewat tendangan bebas Paulo Dybala.

Belum cukup sampai di situ, Juve menegaskan keunggulan di menit 83. Tandukan Alex Sandro membuat tim besutan Massimiliano Allegri unggul telak 3-0.

Kemenangan ini membuat Juve memastikan diri merebut Scudetto. Mereka sudah mengoleksi 88 poin satu pertandingan. Dengan satu laga tersisa, AS Roma yang menorehkan 84 angka, sudah tak mungkin mengejar Juve.

Selanjutnya: Kukuhkan Dominasi


Kukuhkan Dominasi

Kemenangan ini mengukuhkan dominasi Juventus di Italia. Mereka sudah menyabet Scudetto sebanyak 33 kali. Ini jauh di atas duo Milan, AC Milan dan Inter Milan yang masing-masing baru juara 18 kali.

Lebih spesial lagi, seperti dilansir Opta, Juve menjadi tim pertama yang sukses merebut Scudetto dalam enam musim beruntun. Sejak musim 2011-12, mereka selalu merebut gelar Serie A.

Sebelumnya, rekor terbaik adalah Scudetto 5 musim beruntun. Hal itu dilakukan oleh Juve sendiri (1930-31 hingga 1934-35), Torino (1942-43 dan 1945-46 hingga 1948-49), dan Inter Milan (2005-06 hingga 2009-10).

"Gelar keenam secara beruntun adalah sesuatu yang sangat penting. Kami telah menulis halaman yang penting dalam sejarah sepakbola. Hal yang bagus bisa menunjukkan yang terbaik dan juara dalam enam musim beruntun," kata kiper Juve, Gianluigi Buffon pada Mediaset Premium.

Meski sudah memastikan diri merebut Scudetto, masih ada mimpi lain yang ingin diraih Juve. Hal itu tentunya dengan meraih treble winners atau tiga gelar dalam satu musim. Jika meraihnya, mereka akan menjadi tim Italia kedua yang meraih treble setelah Inter Milan di musim 2009-10.

Tinggal satu gelar lagi yang harus diraih Juve demi mewujudkan mimpi tersebut. Tak lain adalah titel Liga Champions.

Namun, tak mudah bagi Juve untuk meraih gelar tersebut. Mereka harus berhadapan dengan juara bertahan Real Madrid dalam laga final di Cardiff City Stadium, 3 Juni 2017 mendatang.

Sama seperti Juve, Madrid juga tentunya datang dengan ambisi tinggi. Tim besutan Zinedine Zidane ingin menjadi tim pertama yang sukses mempertahankan gelar di era Liga Champions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya