Kesan Pertama Liga 1 2017, Begitu Menggodakah?

Para pemain PSM Makssar.
Sumber :
  • Twitter/@PSM_Makassar

VIVA.co.id – Bersiaplah buat kejadian-kejadian di luar dugaan. Begitulah kesan yang saya tangkap sejak kickoff Liga 1 2017, Sabtu 15 April 2017, lewat laga Persib Bandung vs Arema FC dan Barito Putera vs Mitra Kukar, hingga pekan ketujuh yang ditutup dengan kemenangan 2-0 Persipura Jayapura 2-0 atas Persiba Balikpapan.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Menjelang awal Ramadan, Liga 1 istirahat sejenak dan berputar lagi mulai Sabtu 27 Mei 2017. Dan, tetaplah bersiap mendengar atau melihat kejutan-kejutan yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Bahasa kerennya: don’t miss it!

Sepanjang 38 hari sejak awal digulir, 63 laga diputar mulai di Stadion Gelora Haji Agus Salim, Padang, hingga Stadion Marora, Serui. Dari geliat 18 klub kontestan, tercipta 142 gol atau rata-rata 2,25 gol per laga. Di tengah kontroversi wasit, dikeluarkan pula 288 kartu kuning dan 14 kartu merah.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva

Liga 1 2017 pun diawali dengan yang serba pertama. Pemain muda yang masuk kategori regulasi U-23, Septian David Maulana (Mitra Kukar), jadi pencetak gol pertama. Sayap cerdik timnas U-22 Indonesia ini menjebol gawang Barito Putera di menit 12.

Label pemain asing pertama yang mencetak gol dipegang Thiago dos Santos Cunha (Barito Putera) asal Brasil ke gawang Mitra Kukar di menit 60. Sayang, baru di dua laga awal berkostum Barito Putera, nama Thiago tak ada lagi di daftar susunan pemain (DSP) memasuki pekan ketiga. Cedera, ia pulang dulu ke kampung halamannya buat pemulihan.

Hasil Liga 1: Persib Ditahan Imbang Bhayangkara FC, 5 Gol Striker Persik

Di kategori marquee player, yang sejatinya hanya enam nama yang pantas menyandang label ini (Didier Zokora, Michael Essien, Carlton Cole, Mohamed Sissoko, Peter Odemwingie, Boubacar Sanogo), sosok Odemwingie paling berkibar.

Odemwingie, striker Madura United asal Nigeria, menjadi marquee player pertama yang mencetak gol, meski lewat penalti ke gawang Bali United. Kini, ia pemuncak daftar top skorer Liga 1 dengan lima gol dari tujuh penampilannya.

Terkait gol cepat, kembali nama striker asing yang muncul, yakni Reinaldo Elias da Costa (PSM Makassar). Ia mencatat rekor gol tercepat Liga 1 2017 ketika membobol gawang Persela Lamongan di detik ke-50 laga berjalan.

Wasit Kusni menjadi pengadil pertama yang mengeluarkan kartu merah di Liga 1 2017. Itu terjadi pada laga PSM kontra Persela di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Kartu merah itu buat Aang Suparman, bek tengah Persela, setelah menerima dua kartu kuning.

Rekor tercepat mendapatkan kartu merah dipegang Ferdinand Sinaga (PSM). Pemain senior yang sering keluar masuk timnas ini diganjar kartu merah saat baru 14 menit merumput sejak menit 70. The Dragon diusir wasit karena terlihat memukul Ivan Carlos (Persela).

Berselang 13 hari, peristiwa pemukulan di lapangan kembali terjadi pada Sabtu 29 April 2017 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi. Abduh Lestaluhu, kapten tim PS TNI, memukul Thiago Furtuoso (Bhayangkara FC) di menit 93.

Dari sisi permainan, PSM boleh dibilang terdepan. Racikan Robert Rene Alberts membuat Juku Eja tampil ofensif dan modern. Mereka bukan saja memimpin klasemen, melainkan juga kontestan pertama yang mampu mengalahkan Si Raja Kandang Perseru Serui di Stadion Marora.

Skornya 2-1. Keangkeran Marora dalam beberapa musim terakhir dinodai Willem Jan Pluim dan kawan-kawan.

PSM dan Odemwingi berkibar, nasib buruk menimpa Hans Peter Schaller. Ia menjadi pelatih pertama yang dipecat saat baru dua pekan menangani Bali United. Kekalahan 0-2 dari Madura United dan 1-2 dari Persipura jadi penyebab.

Pekan berikutnya giliran Laurent Hatton dipecat manajemen PS TNI dan Timo Scheunemann memilih mundur dari kursi pelatih kepala Persiba.

Yang menyejukkan hati adalah pencapaian empat pemain muda. Mereka jadi pencetak gol termuda di Liga 1 2017. Mereka adalah Ada Marinus Manewar (Persipura), Billy Keraf, Gian Zola (Persib), dan Tengku Muhamad Ichsan (Bhayangkara FC).

Marinus menjebol gawang Bali United di pekan kedua pada usia 20 tahun 2 bulan. Billy merobek jala gawang Persegres Gresik United pada usia 19 tahun 11 bulan di pekan keempat. Ichsan bikin gol ke gawang Persegres pada usia 19 tahun 5 bulan.

Gian Zola membobol gawang Pusamania Borneo FC di pekan ketujuh pada usia 18 tahun 9 bulan 16 hari. Salut dan proficiat!

Tommy Welly
Pengamat sepakbola Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya