China dan Korea Utara Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030?

Ilustrasi. Stadion Nasional China.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – China dan Korea Utara, menjadi dua negara yang mendeklarasikan keinginannya menjadi tuan rumah 2030 mendatang. Keduanya mengaku siap menggelar hajatan sepakbola paling bergengsi di dunia tersebut.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Wakil Presiden Federasi Sepakbola China, Zhang Jian mengatakan, menjadi tuan rumah Piala Dunia, merupakan mimpi negara Tirai Bambu. Presiden China, Xi Jinping pun disebutnya sangat tertarik dengan ide tersebut.

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia menjadi mimpi China. Banyak warga yang menjadikan sepakbola mimpi mereka," kata Xhang, saat berbicara kepada BBC.

Curhat Jurnalis Asing Kala Bertugas di China

"Kami harus memutuskan prosedurnya, dan bagi saya, China bisa mendapatkannya, karena kami hanya butuh waktu untuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas dan popularitas sepakbola kami," tambahnya.

Dalam dua tahun terakhir, sepakbola China sudah berkembang pesat. Beberapa pemain kelas dunia mereka datangkan dengan mahar yang jumlahnya tinggi. Carlos Tevez salah satunya menjadi pemain dengan gaji termahal di dunia.

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Sebelumnya, Korea Utara juga menyatakan diri siap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Mereka mengajak negara-negara tetangga untuk berkolaborasi mewujudkan ide tersebut. (asp)

Legenda Timnas Indonesia di acara hut pssi

Legeenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

PSSI menggelar acara Hari Ulang Tahun ke-94, kegiatan berlangsung secara sederhana di Jakarta, Jumat 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024