25 Musim Berkarier, Ini Statistik Luar Biasa Totti

Kapten AS Roma, Francesco Totti di laga perpisahan
Sumber :
  • Reuters / Stefano Rellandini

VIVA.co.id – Duel AS Roma melawan Genoa, Minggu 28 Mei 2017, terasa emosional untuk Francesco Totti. Laga yang dimenangkan Roma dengan skor 3-2 ini menjadi laga terakhir Totti, yang memutuskan pensiun dari lapangan hijau.

Karier Radja Nainggolan: Dari AS Roma, Inter Milan hingga Degradasi di SPAL dan Bhayangkara FC

Totti mengawali karier profesional bersama Roma pada 1992. Berbagai statistik luar biasa ditorehkan pemain 40 tahun ini selama 25 musim.

Totti sudah merasakan gelar Scudetto Serie A bersama Roma dan juga Piala Dunia bersama Timnas Italia. Selain itu, ada juga catatan penting lain yang ditorehkan Totti.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Berikut statistik luar biasa Totti seperti dihimpun Opta:

8.827 - Jumlah hari yang sudah berlalu sejak Totti melakoni debut bersama Roma, saat melawan Brescia. Usianya saat itu 16 tahun dan 6 bulan.

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan

786 - Total penampilan Totti di semua kompetisi di level klub, 619 di antaranya di ajang Serie A. Dia punya rekor penampilan sama di Serie A dengan Gianluigi Buffon (619). Hanya Paolo Maldini (647) yang tampil lebih banyak dari Totti.

307 - Jumlah gol yang dicetak Totti dari 786 laga tersebut. Dia mencetak rata-rata satu gol dalam tiga pertandingan.

250 - Total gol Totti di Serie A. 25 gol lebih banyak dibandingkan legenda AC Milan, Gunnar Nordahl dan hanya kalah dari pemegang rekor, Silvio Piola (274). Menariknya, total gol yang ditorehkan seluruh penggawa Roma saat ini, di luar Totti, adalah 249 gol.

180 - Jumlah pemain yang tampil di Serie A musim ini, yang belum lahir saat Totti melakoni debut. Ini merupakan 33 persen dari pemain yang ambil bagian di musim 2016-17.

58 - Jumlah penampilan Totti bersama Timnas Italia, dengan 9 gol. Dia mencetak satu gol dan empat assist saat Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Ini menjadi jumlah terbanyak dibandingkan pemain Gli Azzurri lainnya saat itu.

38 - Totti tercatat sebagai pemain tertua yang mencetak gol di Liga Champions, saat melawan CSKA Moscow, November 2014. Saat itu, usianya menginjak 38 tahun dan 59 hari.

32 - Jumlah gol yang dicetak Totti di musim terproduktifnya, pada 2006-07. Saat itu, dia juga keluar sebagai top scorer Serie A dengan 26 gol.

23 - Totti selalu mencetak sedikitnya satu gol dalam 23 musim Serie A. Hanya Paolo Maldini yang punya catatan lebih baik, dalam 25 musim.

1 - Jumlah gelar liga yang direbut Totti. Dia mencetak 13 gol saat membantu Roma merebut Scudetto musim 2000-01, dengan finis dua poin di atas Juventus. Sejak saat itu, Totti harus 10 kali puas keluar sebagai runner-up Serie A. Di luar itu, Totti sudah merebut dua Coppa Italia, dua Piala Super Italia, dan satu Piala Dunia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya