Ernesto Valverde Jadi Pelatih Baru Barcelona

Pelatih anyar Barcelona, Ernesto Valverde
Sumber :
  • Twitter/@FCBarcelona

VIVA.co.id – Manajemen Barcelona secara resmi menunjuk pelatih asal Spanyol, Ernesto Valverde, sebagai pelatih barunya. Pelatih berusia 53 tahun ini akan jadi nahkoda baru untuk Lionel Messi cs, menggantikan peran Luis Enrique.

Lionel Messi dan Suarez Menggila, Inter Miami Tembus 8 Besar Liga Champions CONCACAF

Lewat akun Twitter resminya, Barcelona mengonfirmasi penunjukkan Valverde sebagai pelatih anyarnya. Mantan pelatih Athletic Bilbao, Espanyol, Vllarreal, dan Olympiacos ini nantinya akan menandatangani kontrak berdurasi dua musim, dengan opsi perpanjangan kontrak setahun. 

"Ernesto Valverde pelatih baru @FCBarcelona. Selamat datang, Ernesto!" bunyi pernyataan resmi Barcelona via Twitter.

Lionel Messi Resmi Jadi Brand Ambassador Fesyen Asal Arab Saudi, Bergaya Tampan Pakai Surban

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, menyampaikan komentarnya dalam pengumuman penunjukkan Valverde sebagai pelatih anyar The Catalans.Menurut Bartomeu, sosok Valverde adalah pelatih yang pas bagi Barcelona. Memiliki ikatan emosional sebagai mantan pemain, Valverde dianggap Bartomeu sebagai pelatih yang selalu bekerja keras.

"Valverde memiliki kemampuan, pertimbangan, pengetahuan, dan pengalaman. Dia mempromosikan banyak pemain muda dan dia memiliki cara bermain Barca," kata Bartomeu via Twitter.

Jadwal Siaran Langsung Liga Champions: Atletico Madrid Lawan Inter Milan

"Dia adalah seorang pekerja keras dan dia adalah seorang yang menggunakan teknologi dalam latihan dan pengelolaan pertandingan. Ernesto Valverde akan menandatangani kontrak untuk dua musim, dengan opsi tambahan tiga musim," ujarnya.

Selanjutnya, Barcelona akan secara resmi memperkenalkan Valverde dalam sesi konferensi pers pada Kamis 1 Juni 2017 waktu setempat.

"Perkenalan Valverde sebagai pelatih baru akan digelar pada Kamis ini (1 Juni 2017)," kata Bartomeu melanjutkan.

Saat masih aktif bermain, Valverde sempat membela Barcelona dalam dua musim medio 1988 hingga 1990. Selama itu, Valverde mampu mengantar Barcelona juara Copa del Rey 1989/1990 dan Piala Winners 1988/1989.

Usai memulai profesi baru sebagai pelatih tahun 2001, Valverde sempat menangani beberapa tim. Athletic Bilbao, Villarreal, Espanyol, dan Olympiacos, adalah beberapa tim yang pernah dilatihnya.

Soal prestasi, Valverde pernah membawa Olympiacos 3 kali juara Liga Super Yunani, dan 2 gelar Piala Yunani. Selain itu, ia juga pernah membawa Espanyol jadi runner-up Piala UEFA (sekarang Liga Europa) 2006/2007, dan membawa Athletic Bilbao juara Piala Super Spanyol 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya