Survei Forbes, MU Klub Terkaya Dunia

Manchester United juara Liga Europa 2016-17
Sumber :
  • Reuters / Andrew Couldridge

VIVA.co.id – Manchester United dinobatkan sebagai klub terkaya versi majalah Forbes. Klub berjuluk Setan Merah itu menggeser Real Madrid yang sebelumnya menjadi juara klub paling makmur sejagat. 

Hadapi MU, Atletico Madrid Tak Mau Terkecoh dengan Magis Ronaldo

Menurut Forbes, brand MU memiliki daya tarik kuat ditunjang strategi sponsorship yang agresif membuat klub besutan Jose Mourinho itu kebanjiran pundi-pundi kekayaan, dengan nilai saat ini US$3,69 miliar, atau setara Rp51,9 triliun.

Kecepatan aliran masuk kas MU, ternyata melebihi kecepatan Real Madrid yang tahun ini berhasil mempertahankan Liga Champions. Catatan Forbes, United menghasilkan pendapatan sebesar US$765 juta selama musim 2015-2016, US$77 juta lebih banyak daripada Barcelona dan Real Madrid.

Manchester United Diganggu COVID-19 Jelang Lawan Atletico Madrid

"Kembali Manchester United ke posisi teratas adalah bukti ketenaran dan ketajaman pemasaran mereka yang hebat," ujar editor Forbes Mike Ozanian dilansir First Post, Rabu 7 Juni 2017.

Survei Forbes menemukan United menjadi tim paling menguntungkan di dunia dengan pendapatan operasional sebesar US$288 juta, US$107 juta lebih banyak daripada Madrid.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Barcelona ditempatkan di urutan kedua di tahun ini, dengan nilai US$3,64 miliar. Sementara itu, Madrid turun ke posisi ketiga dengan nilai US$3,58 miliar, setelah sempat berada di posisi pertama selama empat tahun terakhir. 

Lima besar diselesaikan oleh raksasa Bundesliga Bayern Munich (US$2,71 miliar) dan klub Liga Utama Inggris Manchester City (US$2,08 miliar).

Arsenal berada di peringkat keenam dalam daftar dengan nilai US$1,93 miliar, tepat di depan Chelsea (US$1,85 miliar) dan Liverpool (US$1,26 miliar).

Raksasa Italia yang berhasil dilumat Madrid di Final Liga Champions kemarin, Juventus berada di urutan kesembilan dengan US$1,26 miliar.

Tottenham membulatkan 10 besar dengan nilai US$1,06 miliar. Paris Saint-Germain berada di posisi 11 dalam daftar, dengan nilai yang diperkirakan mencapai US$841 juta. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya