Timnas Indonesia Andalkan Serangan Balik Lawan Puerto Rico

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla Aspas (kanan).
Sumber :
  • Twitter/@Luismillacoach

VIVA.co.id – Tim Nasional Indonesia akan menerapkan strategi serangan balik saat berhadapan dengan Puerto Riko dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa 13 Juni 2017. Skuat Garuda diminta mewaspadai para pemain jangkung yang dimiliki tim Amerika Selatan tersebut.

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

Asisten pelatih Timnas, Bima Sakti, menuturkan, Puerto Riko memiliki banyak pemain dengan kualitas bagus dan berpostur tinggi. Mereka pasti akan mengandalkan bola-bola atas untuk menggempur pertahanan Indonesia.

"Puerto Riko punya dua striker yang posturnya tinggi dan kuat (duel udara)," ujarnya usai memimpin latihan, Minggu malam, 11 Juni 2017.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Untuk mengatasinya, Bima meminta anak asuhnya memenangkan setiap duel udara sambil didukung second ball yang kuat. Lalu Bayu Pradana cs harus kompak saat bertahan, serta disiplin untuk kembali ke posisi masing-masing.

"Kalau bisa rebut bola langsung passing positif ke depan untuk melakukan counter attack," sambungnya.

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI

Untuk menerapkan strategi ini, timnas akan mengandalkan kecepatan Irfan Bachdim atau Yabes Roni di lini depan. Kecepatan mereka diharapkan mampu menciptakan peluang, karena rata-rata pemain Puerto Riko tidak secepat pemain dari kawasan Asia.

Sementara itu, latihan perdana Timnas Indonesia hanya diikuti 20 pemain. Gelandang Persija, Hargianto, dan pemain Persela Ahmad Nur Hardianto hanya berlatih ringan di pinggir lapangan karena cederanya belum sembuh total.

Pada latihan kali ini, Luis Milla memfokuskan latihan pada serangan balik. Pemain dilatih menjaga posisi dengan jarak 40-45 meter di lini pertahanan.

Usai melakukan latihan, timnas akan menjalani latihan resmi Senin malam 12 Juni 2017. Puerto Rko juga dijadwalkan menjajal rumput Stadion Maguwoharjo pada hari yang sama. Keduanya lalu akan bertanding hari Selasa malam 13 Juni 2017.

Laporan : Andri Prasetiyo,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya