Pecahkan Rekor Transfer, Liverpool Tak Lagi Main-main

Pemain Liverpool melakukan selebrasi usai mencetak gol
Sumber :
  • Reuters / Carl Recine

VIVA.co.id – Liverpool telah resmi mendatangkan Mohamed Salah. Pemain asal Mesir tersebut ditebus dengan harga £39 juta (Rp659 miliar) dari AS Roma. Jumlah itu membuat rekor transfer termahal sepanjang sejarah klub terpecahkan.

Perjalanan Spiritual Mohamed Salah, Dari Keraguan Menjadi Inspirasi

Sejak 2011 lalu, rekor pemain termahal milik Liverpool dipegang oleh Andy Carroll. The Reds butuh merogoh kocek mencapai £35 juta (Rp588,4 miliar) untuk membajaknya dari Newcastle United.

Dengan keberanian membeli pemain berusia 25 tahun dengan harga mahal, Liverpool seolah ingin membuktikan jika mereka tak lagi main-main. Finis di peringkat 4 Premier League musim membuat mereka akan bersaing di Liga Champions.

Diminta Gabung Arsenal, Begini Jawaban Ngeles Mbappe

Dan itu mengharuskan manajer Liverpool, Juergen Klopp menambah kekuatan tim besutannya. Salah dipercaya mampu membantu lini depan The Reds semakin tajam. Biasa berposisi di sayap, dia juga punya pengalaman mumpuni.

Pada musim 2013/2014, Salah pernah bermain untuk Chelsea. Di sana selama dua musim, dia tidak bisa maksimal. The Blues hanya memainkannya dalam 13 laga, dan kontribusinya pun hanya dua gol di Premier League.

Romelu Lukaku dalam Bidikan Klub Arab Saudi

Beruntungnya, sejak di Roma dia mampu membuktikan diri layak kembali mentas di Inggris. Salah selalu jadi andalan I Luppi ketik di berbagai ajang.

Klopp yang selama ini memantau tak perlu berpikir panjang untuk mendaratkan Salah di Anfield. Dengan kecepatan yang luar biasa, juru taktik asal Jerman itu percaya daya gedor tim besutannya bakal lebih berbahaya.

"Mohamed punya paduan sempurna dari pengalaman dan potensi. Ini adalah perekrutan yang sangat membuat kami senang," ujar Klopp di laman resmi  Liverpool.

Di musim depan, Salah akan menggunakan nomor punggung 11, yang di musim lalu dikenakan Roberto Firmino. Sedangkan pemain asal Brasil tersebut nantinya menggunakan nomor punggung 9.

Selanjutnya... Liverpool Haus Gelar Juara

Haus Gelar Juara

Terhitung sudah lima musim The Reds tak pernah mampu mengangkat trofi gelar juara. Terakhir kali mereka memenangkan kejuaraan adalah Piala Liga Inggris pada 2011/2012 silam. Sisanya, mereka hanya jadi runner up.

Dengan puasa gelar selama lima musim, kini mulai tumbuh rasa optimistis dalam diri para pemain Liverpool. Mereka mulai berani pasang target juara, setelah pencapaian musim lalu di Premier League.

"Finis empat besar musim kemarin memberikan kami landasan lagi untuk mengejar trofi musim depan dan inilah yang kami inginkan dan yang para pemain di ruang ganti mau," kata kiper Liverpool, Simon Mignolet dikutip Soccerway.

Di musim lalu, pencapaian terbaik Liverpool adalah runner up Piala Liga Inggris dan Liga Europa. Dan itu diakui Mignolet memberi timnya pelajaran sehingga target juara di musim ini sangat realistis.

"Kami sudah belajar dari itu dan saya rasa semuanya, tidak hanya pemain tapi juga penggemar dan semua yang terikat dengan Liverpool, sangat lapar akan gelar-gelar juara," tuturnya.

Rentetan kebangkitan yang terjadi di musim lalu juga merembet ke manajemen. Mereka akhirnya membiarkan Klopp mulai agresif di bursa transfer. Selain Salah, kini ada sejumlah nama yang juga masuk dalam bidikannya.

Selanjutnya... Mbappe Ditolak, Aubameyang Jadi Pilihan

Mbappe Ditolak, Aubameyang Jadi Pilihan

Liverpool belakangan dikabarkan sedang mencoba menikung Arsenal dan Real Madrid dalam perburuan striker muda AS Monaco, Kylian Mbappe. Pemain berusia 18 tahun tersebut ditawar dengan harga Rp1,7 triliun.

Akan tetapi, penawaran The Reds langsung ditolak oleh manajemen Monaco. Mereka mudah melakukan itu karena sudah memasang banderol minimal Rp2 triliun bagi yang ingin mendapatkan Mbappe.

Kehilangan buruan pertama tak lantas membuat The Reds berdiam diri. Saat ini mereka mengalihkan buruan kepada striker Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang.

Sejak musim lalu, nama pemain asal Gabon tersebut memang sudah digadang jadi incaran Liverpool. Namun, harga jual yang tinggi membuat Klopp harus menahan diri untuk memboyong eks anak asuhnya itu.

Liverpool tidak sendiri dalam perburuan Aubameyang. Karena Real Madrid sejak lama juga sudah dikaitkan dengan pemain berusia 28 tahun tersebut. Rekam jejak luar biasa ditorehkannya bersama Dortmund.

Sejak mendaratkan kaki di Signal Iduna Park pada 2013 lalu, total sudah 113 gol yang dicetak Aubameyang dalam 177 penampilan di semua kompetisi. Hal itu membuatnya menjadi salah satu striker berbahaya di dunia.

Sejak penolakan dari Monaco, Liverpool dikabarkan sudah mulai mengajukan tawaran ke Dortmund. Gayung bersambut, karena petinggi Die Borussien tidak menepis isu adanya keinginan menjual Aubameyang ke klub lain.

"Kami akan mendengarkan tawaran dari klub yang menunjukkan ketertarikan kepada Aubameyang asalkan yang ditawarkan sesuai," tutur CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, dikutip dari Bild.

Merujuk harga pasaran saat ini, Liverpool setidaknya harus menyiapkan uang sebesar £63 juta (Rp1 triliun). Dan jika dibandingkan dengan harga Mbappe, tentu lebih masih jauh di bawahnya.

Publik pun menanti, apakah Liverpool berani membuat rekor transfer klub yang dipegang Salah saat ini segera terpecahkan hanya dalam waktu singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya