'Kado Ultah' Spesial Ronaldo untuk Messi

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id – Membahas rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tak pernah ada habisnya. Megabintang Real Madrid dan Barcelona ini terus bersaing, membuktikan diri siapa pesepakbola terbaik di muka bumi ini.

Mengintip Kiprah Gemilang Legenda dan Bintang Real Madrid

Jika berbicara siapa yang terbaik, semua punya pandangan masing-masing. Baik Ronaldo ataupun Messi punya kelebihan tersendiri sebagai pesepakbola terbaik.

Sabtu, 24 Juni 2017, Messi merayakan ulang tahun yang ke-30. Banyak yang membicarakan apa saja yang sudah diraih Messi di usianya yang sudah menginjak kepala tiga.

Cristiano Ronaldo Tak Terbendung di Liga Arab Saudi

Seolah tak rela Messi menjadi bahan berita, Ronaldo unjuk gigi di lapangan hijau. Mantan pemain Manchester United ini memberikan "kado ultah" spesial untuk Messi saat membela Portugal menghadapi Selandia Baru di penyisihan Grup A Piala Konfederasi.

Portugal memastikan tiket ke semifinal, usai menggasak Selandia Baru 4-0 di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg. Ronaldo membuka keunggulan Portugal di menit 33, lewat titik penalti.

5 Legenda Real Madrid: Para Maestro Sepakbola

Satu gol yang disumbangkan Ronaldo itu ternyata berarti spesial.  Gol ini jadi yang ke-75 untuk Timnas Portugal. Catatan ini yang yang terbanyak kedua untuk seorang pemain bersama timnas, di benua Eropa.

Menurut data Opta, catatan 75 gol Ronaldo untuk Portugal, sejajar dengan legenda Hungaria, Sandor Kocsis. Selain itu, Ronaldo juga berada di posisi kedua pemain Eropa yang mencetak gol terbanyak bagi negaranya, di bawah legenda Hungaria lainnya, Ferenc Puskas (84 gol).

Tak hanya itu, Opta juga mencatat bahwa Ronaldo sudah mencetak 60 gol bagi Portugal dalam ajang resmi. Catatan ini membuat Ronaldo sebagai pemain paling produktif, sepanjang sejarah pemain sepakbola yang berasal dari Eropa.

Hingga saat ini, Ronaldo sudah memiliki 142 caps bersama Timnas Portugal. Catatan ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah Selecao. Selain itu, Ronaldo juga merupakan pencetak gol sepanjang masa Timnas Portugal dengan 75 gol.

Ronaldo melakoni laga perdana bersama Portugal pada 20 Agustus 2003 kontra Kazakhstan, saat itu usianya masih 18 tahun. Gol perdananya bagi Portugal dibuatnya di ajang Piala Eropa 2004 ke gawang Yunani.

Selanjutnya: Komentar Ronaldo Usai Bikin Rekor

Sempat Kesulitan

Banyak yang menantikan komentar Ronaldo usai mencetak rekor. Soal rekor, Ronaldo hanya menjawab untuk mencoba membantu tim.

Namun yang menarik, pemain sangat sulit menampilkan terbaiknya. Alasannya, rumput Krestovskyi Stadium tak bagus.

"Saya membantu tim, saya mencetak gol pembuka dan saya memiliki beberapa peluang. Kami bermain sangat baik, kami ingin menang dan mendapat hasil di babak pertama. Sulit untuk bermain baik dalam pertandingan tadi, karena rumput (lapangan) tidak terlalu bagus," kata Ronaldo dikutip ESPN.

Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan)

Soal penampilan dan jumlah gol di level timnas, Ronaldo memang unggul jauh dari Messi. Ronaldo punya 142 caps buat Portugal, sementara Messi hanya 118 caps. Ronaldo sudah mencetak 75 gol buat Portugal sementara Messi baru mencetak 58 gol.

Ronaldo juga sudah mempersembahkan gelar bergengsi untuk Portugal, yakni Piala Eropa 2016. CR7 akan semakin di atas Messi jika mampu mengantarkan Seleccao das Quinas juara Piala Konfederasi tahun ini.

Hal berbeda justru dirasakan oleh Messi. Dia selalu sial setiap membela negaranya. Belum satu pun gelar bergengsi yang dia sumbangkan untuk timnas senior Argentina. 

Messi pernah juara bersama Argentina, tapi di level junior. Dia sempat menjuarai Piala Dunia U-20 pada 2005 dan meraih medali emas Olimpiade bersama Timnas U-23 pada 2008.

Selanjutnya: Olok-olok untuk Messi


Olok-olok untuk Messi

Ronaldo mencetak rekor tepat di hari ulang tahun Messi. Hal ini menjadi momen bagi fans Ronaldo untuk mengolok-olok La Pulga.

"Ronaldo mencetak gol lewat penalti saat ulang tahun Messi. KEJAM," tulis akun Twitter @Officialhbkmano.

"Ronaldo mencetak gol di Piala Konfederasi di usia 32, Messi akan menggelar pesta untuk anak-anak saat di usianya yang ke-32," tulis akun Twitter @EscoMus.

Ada cercaan ada pula pujian. Selain olok-olok,  Messi pun kebanjiran ucapan selamat ulang tahun. Banyak yang melontarkan sanjungan dan mendoakan agar ke depan karier La Pulga di atas lapangan semakin berjaya.

Bagaimanapun sudah banyak pencapaian yang diraih Messi di lapangan hijau. Ditulis 101 Great Goals, 701 laga telah dimainkan Messi sepanjang karier. Dia mencetak total 565 gol dan 281 assist.

30 trofi sudah berhasil dimenangkan. 41 hattrick juga berhasil dicetak. Lima penghargaan Ballon d'Or digondol dan empat sepatu emas mampu disabetnya.

Jadi, siapakah yang terbaik, Ronaldo atau Messi? Anda tentunya punya jawaban masing-masing.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya