Vietnam & Thailand Tebar Ancaman untuk Timnas Indonesia U-22

Striker Timnas Indonesia U-22, Ezra Walian (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/kye/17

VIVA.co.id – Persaingan di Grup B Sea Games 2017 Kuala Lumpur semakin sengit. Vietnam sementara berada di puncak klasemen dengan raihan enam poin berkat dua kemenangan beruntun.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Peringkat kedua diisi tim nasional Indonesia U-22 dengan raihan empat poin. Capaian tersebut sama dengan yang didapat Thailand sebagai pengisi peringkat ketiga.

(Baca juga: Kemenangan Timnas U-22, Kado Manis di HUT RI ke-72)

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Akan tetapi, Timnas U-22 lebih unggul dalam hal produktivitas gol. Dari dua pertandingan, skuat asuhan Luis Mila Aspas menyarangkan empat gol, dan kemasukan satu gol.

Sedangkan Thailand kemasukan satu gol, dan memasukkan dua gol. Dalam peraturan cabang olahraga sepakbola SEA Games 2017, peringkat di klasemen lebih dahulu ditentukan dengan raihan poin.

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

Kemudian diikuti dengan produktivitas gol, dan berlanjut ke agresivitas gol memasukkan ke gawang lawan. Sejauh ini, baru Vietnam yang bisa membuktikan kegarangan, karena sukses mencetak delapan gol dan kemasukan cuma satu gol.

Meskipun berada di tempat ketiga, namun Thailand masih optimistis bisa melangkah ke babak selanjutnya. Hasil imbang 1-1 melawan Timnas U-22 dan kemenangan tipis 1-0 melawan Timor Leste dijadikan bekal oleh mereka.

"Misi kami tetap berada sebagai pemuncak grup dan tentu membawa pulang medali emas," tutur manajer Thailand, Watanya Wongopasi, dikuti dari laman resmi SEA Games 2017.

Optimistis senada juga dilontarkan pelatih Vietnam, Nguyen Huu Thang. Dua kemenangan beruntun, 4-0 melawan Timor Leste, dan 4-1 atas Kamboja membuat mereka percaya diri menghadapi laga selanjutnya.

"Para pemain menunjukkan rasa laparnya meski di awal Kamboja bermain ngotot. Saya berharap mereka bisa terus mempertahankan momentum di pertandingan berikutnya," tutur Huu Thang.

(Baca juga: Milla Beberkan Kunci Kemenangan Telak Timnas U-22)

Rasa percaya diri tinggi Vietnam itulah yang patut diwaspadai Timnas U-22. Karena pada Selasa 22 Agustus 2017, Evan Dimas dan kawan-kawan akan berhadapan dengan mereka.

Pertandingan itu menjadi penentuan bagi Garuda Muda guna menjaga peluang melangkah ke babak semifinal. Andai tergelincir, bukan tidak mungkin posisi kedua klasemen akan diambil alih Thailand. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya