FIFA Wajibkan Bir Dijual di Piala Dunia 2014

Markas FIFA di Zurich
Sumber :
  • guardian

VIVAnews - Induk Organisasi Sepakbola Dunia (FIFA) mewajibkan panitia lokal Piala Dunia 2014 Brasil untuk menjual bir di venue pertandingan. Padahal alkohol sudah dilarang dalam pertandingan sepakbola Brasil sejak 2003.

Peraturan mengenai penjualan bir di venue Piala Dunia 2014 sudah mulai dibicarakan sejak akhir 2011. Namun, negosiasi berlangsung alot.

FIFA berusaha melindungi salah satu sponsor utama, Budweiser, yang merupakan produk minuman bir asal Amerika Serikat. Sedangkan panitia lokal (LOC) terbentur peraturan yang melarang alkohol masuk ke dalam stadion sejak 2003. Langkah itu diambil untuk mengurangi keributan dalam pertandingan di sepakbola di Brasil.

Namun, Sekjen FIFA Jerome Valcke menegaskan pihaknya akan tetap mewajibkan minuman alkohol dijual di venue pertandingan. Valcke akan memastikan hal tersebut dalam pertemuan dengan LOC Piala Dunia 2014 di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis 19 Januari 2012.

"Minuman alkohol adalah bagian dari Piala Dunia FIFA, dan kami akan memastikan hal itu. Maafkan saya jika saya terdengar arogan, tapi ini suatu yang tidak bisa dinegosiasi. Fakta bahwa kami punya hak untuk menjual bir, adalah bagian dari peraturan," ujar Valcke seperti dilansir Reuters.

Masalah lain yang akan dibahas pada pertemuan hari ini adalah mengenai pemotongan harga tiket untuk pelajar dan manula, yang sudah menjadi peraturan di Brasil. Valcke akan menyarankan LOC untuk menyediakan sebanyak 300 ribu tiket seharga $25 (Rp226 ribu) untuk pelajar dan manula.

"Tidak adil jika ada orang yang mampu membeli tiket Kategori I, tapi membeli Kategori IV. Kami harus memastikan hal itu tidak terjadi, karena sulit untuk mendapatkan kartu pelajar di sini," pungkas Valcke. (irb)

Napi Bantu Pembangunan Stadion PD 2014
Pemain timnas Brasil, Neymar.

Neymar: Lupakan Copa, Brasil Fokus Kualifikasi PD 2018

Neymar tetap terima konsekuensi dari sanksi yang dijatuhkan untuknya.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2015