Greenpeace "Hentikan" Pertandingan Liga Champions

Aksi Greenpeace di pertandingan FC Basel Vs Schalke 04
Sumber :
VIVABola
Pindah ke ManCity, Sane Dituding Mata Duitan
- Insiden menghebohkan terjadi di tengah berlangsungnya pertandingan penyisihan grup Liga Champions yang mempertemukan FC Basel menghadapi Schalke 04 di St Jakob Park Stadium, Rabu dinihari tadi, 2 Oktober 2013.

Bocah Ajaib Jerman Selangkah Lagi Gabung ke ManCity

Seperti dilansir Soccerway, laga sempat dihentikan lima menit menyusul aksi aktivis organisasi pecinta lingkungan hidup, Greenpeace yang dikenal kerap melakukan aksi ekstrim. Kali ini, aksi mereka dimulai dengan empat aktivis berkostum oranye dan menggunakan helm yang turun perlahan dari atap stadion menggunakan tali.
Leroy Sane Jalani Tes Medis di Manchester


Selanjutnya, mereka mengembangkan spanduk raksasa yang menunjukkan sikap protes kepada sponsor utama Schalke, perusahaan tambang milik pemerintah Rusia, Gazprom, yang sedang melakukan eksplorasi di wilayah Arktik.


Laga sempat terhenti karena konsentrasi para pemain dan ribuan penonton tuan rumah yang memadati stadion sempat beralih kepada spanduk raksasa bertuliskan "Gazprom, jangan rusak Arktik," dan "Bebaskan Arktik 30," yang mengembang di atas stadion.


Setelah melakukan aksinya dalam beberapa saat, para aktifis kemudian kembali naik ke atap stadion. Dan selanjutnya pertandingan bisa dilanjutkan. Namun insiden ini disinyalir bisa berbuntut panjang.


Klub Basel terancam dijatuhi hukuman oleh otoritas sepakbola Eropa (UEFA) karena dianggap lalai sehingga bisa 'kecolongan' oleh aksi liar aktifis saat pertandingan resmi sedang berlangsung. Aspek keamanan stadion pun menjadi sorotan. 


Meski sempat terkena sindiran dengan aksi Greenpeace tersebut, konsentrasi Schalke tidak terganggu dan sukses membawa pulang poin penuh usai mememenangkan pertandingan dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan Schalke dicetak oleh Julian Draxler.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya