Studi Ilmiah, Fanatik Sepakbola Sama Seperti Jatuh Cinta

Ilustrasi. Suporter garis keras Napoli
Sumber :
  • Independent

VIVA.co.id – Peneliti dari Coimba University, Portugal menemukan fakta menarik. Hasil studi ilmiah mereka menunjukkan, penggemar fanatik sepakbola memiliki kadar yang sama dengan orang jatuh cinta.

Lionel Messi Beli Rumah, Alasannya Bikin Bengong

Penelitian ini membutuhkan waktu hingga tiga tahun, dan baru diumumkan beberapa hari lalu oleh ilmuwan bernama Catarina Duarte, Miguel Castelo-Branco, dan Ricardo Cayolla.

Mereka mengambil contoh dari reaksi otak para penggemar sepakbola ketika mendukung tim jagoannya bertanding. Dari sana ditemukan jika reaksi yang ditimbulkan sama persis seperti orang yang menjalin hubungan kekasih.

Bruno Fernandes Tuai Hujatan karena Aktingnya yang Gagal

"Kami menemukan jika sistem neural bereaksi aktif sama seperti orang yang sedang jatuh cinta," demikian pernyataan resmi Coimba University, seperti dikutip dari Marca.

Penelitian ini mengambil data melalui dua perempuan, dan 54 laki-laki dengan rentang usia dari 21 hingga 60 tahun. Dan mayoritas tempat tinggal para responden berasal dari Porto.

Terpopuler: Deretan Pesepakbola Mualaf, Karier Rungkad Akibat Narkoba

Yang dicari dari penelitian ini adalah sikap suporter yang amat fanatik kepada tim jagoannya. Dianalisa pula bagaimana otak bekerja sampai mendorong para suporter menjadi menggilai tim tertentu.

Kiper Kencing di Atas Lapangan

Kebelet Pipis, Kiper Ini Kencing di Atas Lapangan

Insiden unik yang dialami oleh kiper satu ini, ia tampak kencing di atas lapangan. Hal ini menjadi viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024