Uang Belanja Guardiola Bisa Buat Beli 140 Ribu Mobil

Manajer Manchester City, Pep Guardiola
Sumber :
  • Reuters / Andrew Yates

VIVA.co.id – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, menjadi salah satu manajer paling sibuk di bursa transfer musim panas. Dia dikenal sebagai manajer yang tak ragu menggelontorkan dana besar demi pemain incaran.

Man City Ditahan Liverpool, Kenapa Kevin De Bruyne Diganti Mateo Kovacic?

The Sun merilis berapa dana yang dikeluarkan Guardiola selama menjadi juru taktik. Angkanya mencengangkan.

Sejak memulai karier pelatih profesionalnya di tahun 2008 bersama Barcelona, hingga saat ini membesut ManCity, dia sudah membelanjakan uang klub sebesar 1 miliar pound, atau setara Rp17 triliun. Jika dihitung, uang itu bisa buat beli 140 ribu mobil LCGC yang harganya Rp110-130 juta.

Liverpool Vs Man City, Pep Guardiola Ingin Putus Tren Buruk di Anfield

Selama melatih Lionel Messi cs, Guardiola membeli 2 pemain berlabel bintang. Total dana yang dikeluarkan 383 juta pound itu di antaranya untuk merekrut pemain berlabel bintang, Zlatan Ibrahimovic (59 juta pound) dan David Villa (37 juta pound) 

Selanjutnya, Guardiola mengadu nasib ke Jerman dengan menukangi klub raksasa Bundesliga, Bayern Munich. Selama di sana, Pep total menggunakan anggaran klub sebesar 195 juta pound, dua pemain bintang di antaranya yang direkrut adalah Mario Goetze (34 juta pound) dan Arturo Vidal (30 juta pound).

Terungkap, Ada Gaya Pep Guardiola dan Xabi Alonso di Timnas Indonesia

Dan selama 1 tahun rezimnya di ManCity, Guardiola sudah membelanjakan uang klub sebesar 410 juta pound. Dengan 10 pemain rekrutan termahal Guardiola sejak 2008, enam di antaranya adalah penggawa The Citizens.

Dalam bursa transfer musim panas 2017, ManCity tercatat sudah mendatangkan lima pemain. Dua dari peman tersebut membuat ManCity tercatat sebagai klub yang memecahkan rekor bek termahal dunia.

Mereka yang dibeli ManCity rata-rata memang pemain belakang. Sebut saja Benjamin Mendy, Kyle Walker, Ederson, dan Danilo. Hanya ada satu pemain lini serang yang didatangkan, Bernardo Silva. Pengeluaran ManCity untuk lima pemain tersebut sudah mencapai 235 juta pound atau setara Rp4,12 triliun.

10 pembelian termahal Pep Guardiola sejak 2008:

Zlatan Ibrahimovic - Barcelona - 59 juta pound
Benjamin Mendy - ManCity - 49 juta pound
John Stone - ManCity - 47,5 juta pound
Kyle Walker - ManCity - 45 juta pound
Bernardo Silva - ManCity - 43 juta pound
Leroy Sane - ManCity - 37 juta pound
David Villa - Barcelona - 37 juta pound
Ederson - ManCity - 35 juta pound
Mario Goetze - Bayern Munich - 34 juta pound
Arturo Vidal - Bayern Munich - 30 juta pound

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya