PPIH Solo Siapkan Rp 161 M untuk Jamaah Haji

VIVAnews -- Dana sebesar Rp 161.816.000.000 disiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Solo untuk biaya hidup (living cost) 33.136 jamaah calon haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

Dana living cost senilai Rp 161,8 miliar itu senilai dengan 50.567.500 riyal Saudi Arabia dengan nilai kurs 1 riyal sama dengan Rp. 3.200. Dengan dana living cost itu, setiap calhaj bakal memperoleh insentif sebesar 1.500 riyal.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

Selain itu insentif juga diberikan untuk 785 Ketua Rombongan dengan nilai masing-masing 300 riyal. Sisanya, insentif juga diberikan untuk 3.140 ketua regu dengan nilai masing-masing 200 riyal.

Penyerahan dana living cost itu dilaksanakan saat mereka masih di asrama haji Donohudan bersamaan dengan pemberian paspor dan gelang identitas. Dengan dana sebesar itu diharapkan dapat mencukupi berbagai kebutuhan pentinng  selama menjalankan ibadah haji.

PPIH mencontohkan, biaya untuk makan minum sehari 21 riyal selama 35 hari, biaya dam 350 riyal, transpor lokal 150 riyal, biaya tak terduga 150 riyal, dan biaya lainnya diperkirakan masih ada sisa 105 riyal.

Kebijakan pemerintah memasukan komponen living cost ke dalam biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) sebagai upaya agar setiap jamaah haji tercukupi kebutuhan hidupnya selama tinggal di Tanah Suci. ”Agar tidak ada lagi yang terlantar gara-gara kehabisan bekal,” kata Sekretaris PPIH Embarkasi Solo, Abdul Choliq MT di Solo, Kamis, 12 November 2009.. 

”Yang berangkat haji tidak semuanya orang kaya dan tidak sedikit dari mereka yang menunaikan ibadah haji merupakan hasil menabung sedikit demi sedikit dari penghasilan sehari-hari,” imbuhnya.

Pihaknya mengingatkan, agar jemaah calon haji tidak mengalami kecopetan, diimbau supaya tidak membawa uang yang berlebihan saat berjalan-jalan di kota makkah dan madinah.

Choliq menambahkan, perubahan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat  juga mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap riyal Arab Saudi di asrama haji Donohudan Boyolali. Menurutnya, dari transaksi penukaran uang di asrama haji setiap satu riyal Arab Saudi yang dibuka di stan empat bank, nilai kursnya 1 riyal sebesar Rp. 3.200.

Padahal, kata dia, nilai tukar rupiah terhadap riyal di Makkah justru lebih murah. Menurut Satgas PPIH di Makkah asal Jateng Lutfi Zamroni, 1 riyal dijual hanya Rp. 2.800.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Waketum Nasdem, Ahmad Ali di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini

Sekertaris Jenderal Partai Nasdem, Hermawi Taslim, menegaskan kalau kehadiran Wakil Ketua Umum Nasdem Ahmad Ali ke rumah pribadi Prabowo Subianto dalam rangka silaturahmi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024