Penting Dibawa Saat Mudik dengan Balita

Pastikan si kecil dalam kondisi nyaman dan aman selama perjalanan.

Kamis, 1 Agustus 2013, 13:53 Mutia Nugraheni
Jalur mudik Nagreg
Jalur mudik Nagreg (Antara/ Fahrul Jayadiputra)

VIVAlife - Perjalanan panjang dan macet identik dengan mudik. Meskipun begitu, pulang kampung sudah jadi budaya. Selalu dilakukan demi merayakan hari raya bersama keluarga. Seluruh anggota keluarga pun dibawa tak terkecuali balita.

Melakukan perjalanan melelahkan saat mudik dengan membawa balita memang tak mudah. Diperlukan persiapan matang demi membuat si kecil merasa nyaman diperjalanan. Apalagi, balita mudah merasa bosan.

Kelelahan, rewel serta mabuk saat perjalanan bisa saja terjadi. Jangan panik jika balita Anda mengalami pusing, mual, muntah, dan menangis tanpa henti. Sediakan saja barang-barang berikut dalam tas. Sangat penting untuk dibawa saat mudik membawa balita.

- Baju ganti mudah dipakai
Baik mudik menggunakan pesawat, kereta, bus atau mobil pribadi, selalu sediakan baju ganti yang mudah dipakai untuk balita. Pisahkan dengan tas khusus dan bukan di koper.

Pastikan baju tersebut berbahan lembut dan mudah dipakai serta tak banyak detail. Ingatlah, balita akan dengan mudah berkeringat, muntah atau bajunya kotor terkena makanan. Jangan segan untuk cepat menggantinya karena kalau balita merasa gatal dan lengket akan sangat rewel.

- Handuk dan tisu basah

Tisu kering dan tisu basah serta handuk jangan sampai ketinggalan. Pasti akan sulit untuk berhenti di rest area demi mencari air untuk mengusap tubuh balita. Belum lagi antrian yang mengular. Untuk itu pastikan di tas ada handuk kecil atau tisu kering serta tisu basah.

- Cemilan

Jangan sampai balita merasa kelaparan. Anda mungkin bisa membelinya dalam perjalanan tapi akan lebih baik jika Anda menyiapkan sebelumnya. Bisa membuat sendiri atau membeli makanan dalam kemasan yang memang jadi favorit si kecil.

- Mainan atau buku cerita
Boneka, mobil-mobilan atau buku penuh gambar lucu bisa jadi senjata jika si kecil mulai bosan di perjalan. Pastikan juga Anda membawa mainan favoritnya atau lagu kesukaannya. Usahakan untuk membuat suasana bermain di perjalanan.

- Obat-obatan
Jika si kecil memiliki masalah kesehatan, obat-obatan yang diresepkan dokter tentunya harus dibawa. Selain itu Anda juga bisa membawa obat penurun panas serta vitamin. Minyak penghangat tubuh juga jangan ketinggalan.

- Bantal kecil dan selimut
Melakukan perjalanan malam hari banyak dilakukan oleh orangtua yang memiliki balita. Karena, saat malam mereka akan mudah tidur dan saat pagi sudah sampai di tujuan. Tapi jangan sampai lupa membawa bantal dan selimut. Pastikan si kecil tidur dengan hangat dan nyaman.


© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  

Rabu, 3 September 2014

Imsak

4:33

Maghrib

17:54

As-Sajdah (Sujud)
Kategori Surah :Makkiyah, Jumlah Ayat : 30 Ayat
Lihat Semua Surah Al-Quran
Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Lowongan
Copyright © 2008 - 2014 PT. Viva Media Baru

Members of