Golkar Usul Pembangunan Jalur Pantura Pakai Beton

Kekuatan jalan beton bisa mencapai 10 tahun.

Kamis, 1 Agustus 2013, 17:49 Dedy Priatmojo, Nila Chrisna Yulika
Perbaikan jalur pantura di Jalan Martoloyo, Tegal, Jateng,
Perbaikan jalur pantura di Jalan Martoloyo, Tegal, Jateng, (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi V Partai Golkar Muhidin M. Said, Kamis 1 Agustus 2013, menghimbau agar pemerintah tetap memperbaiki jalur Pantai Utara Jawa (Pantura). Sebab, jalur pantura, merupakan jalur penggerak roda perekonomian nasional, karena fungsinya sebagai sarana distribusi berbagai produk ke berbagai wilayah. Terutama, jalur ini satu-satunya jalan untuk mudik lebaran.

"Jangan lagi terdengar keluhan dari masyarakat tentang perbaikan jalur ini setiap menjelang Lebaran atau Natal. Kesannya jalur ini dijadikan untuk ‘proyek’ menambah income bagi institusi atau oknum tertentu," kata Muhidin dalam konferensi pers, di Fraksi Partai Golkar, Gedung DPR.

Muhidin mengatakan, proyek infrastruktur jalan di Indonesia masih sangat dominan, sebab, 90% angkutan barang masih menggunakan moda jalan. "Begitu pula dengan angkutan penumpang yang masih 95% menggunakan jalan," kata Muhidin.

Terutama, pembangunan jalan di Pulau Jawa sangat dibutuhkan untuk melancarkan peningkatan distribusi dan jasa, khusus untuk jalur Pantura dalam sehari dapat dilewati oleh 44.000 kendaraan besar yang bebannya melampaui batas kemampuan jalan.  "Jadi sangat wajar kalau sering terjadi kerusakan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kerusakan itu,  kata Muhidin, Partai Golkar mengimbau agar perbaikan jalur Pantura dilakukan dengan sistem betonisasi, sebab daya tahan beton jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan aspal.

"Beton itu memiliki daya tahan hingga 10 tahun, memang pada awalnya dibutuhkan anggaran yang cukup besar untuk memperbaiki jalur itu, tapi kan setelah itu tinggal perawatan saja. Dengan kata lain keluar duit besar di awal selanjutnya tinggal memelihara saja," ujar dia.

Partai Golkar juga mencatat, keterlibatan pihak swasta dalam pembangunan jalur ini juga masih sedikit. Padahal, untuk mempercepat pembangunannya sangat diperlukan kerja sama dengan pihak swasta.

Sementara, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kesiapan regulasi pemerintah untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur dan keterlibatan pihak swasta dalam mendukung terciptanya sarana infrastruktur yang memadai.


© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  

Kamis, 2 Oktober 2014

Imsak

4:33

Maghrib

17:54

Ar-Ra'd (Petir)
Kategori Surah :Madaniyyah, Jumlah Ayat : 43 Ayat
Lihat Semua Surah Al-Quran
Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Lowongan
Copyright © 2008 - 2014 PT. Viva Media Baru

Members of