Tradisi Rempeyek Saat Lebaran

Panen rempeyek di hari lebaran, begitulah kira-kira disebutnya.

Kamis, 15 Agustus 2013, 13:46 Magang Viva, ummu18
Rempeyek
Rempeyek (U-Report)
VIVAnews - Rempeyek, makanan ringan yang satu ini terbuat dari tepung beras dengan taburan kacang tanah yang digoreng tipis sepertinya sudah menjadi makanan ringan yang wajib ada saat lebaran di Banjarnegara. Selain kacang juga bisa menggantinya dengan kedelai hitam atau tergantung selera. Namun, yang menjadi favorit saat lebaran adalah rempeyek kacang.

Menjelang hari akhir Ramadan, ibu-ibu rumah tangga mulai terlihat sibuk mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat rempeyek. Bahan-bahan rempeyek terdiri dari tepung beras, tepung kanji, bawang putih, ketumbar, garam, kemiri, telur, kencur dan bisa diberi daun kucai untuk menambah rasa gurih.

Biasanya ibu-ibu mulai menggoreng rempeyek sejak pagi hari setelah salat subuh, karena harus menggoreng rempeyek dua sampai lima bungkus plastik berukuran 8 kg. Pada sore harinya ibu-ibu menyiapkan masakan untuk berbuka puasa.

Panen rempeyek di hari lebaran, begitulah kira-kira disebutnya. Mengunjungi tetangga dijadikan ajang saling mencicipi rempeyek buatan mereka masing-masing. Dan obrolan seputar rempeyek selalu hangat dikalangan ibu-ibu saat menjelang akhir Ramadan.

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  

Rabu, 22 Oktober 2014

Imsak

4:33

Maghrib

17:54

An-Naba' (Berita Besar)
Kategori Surah :Makkiyah, Jumlah Ayat : 40 Ayat
Lihat Semua Surah Al-Quran
Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Lowongan
Copyright © 2008 - 2014 PT. Viva Media Baru

Members of