Festival Thong-thong Lek Sambut Lebaran

Peserta memainkan lagu-lagu religi dengan berkeliling kota.

Kamis, 15 Agustus 2013, 17:18 Magang Viva
Membangunkan sahur
Membangunkan sahur (bawean.net)
VIVAnews - Warga Kabupaten Rembang memiliki cara unik untuk membangunkan sahur warga lainnya, mereka memainkan alat musik dari bambu dikombinasikan dengan perlengkapan dapur seperti panci dan wajan. Warga menyebutnya tradisi Thong-thong Lek. Biasanya lagu-lagu yang dimainkan bertema religi dengan ritme cepat agar warga segera bangun dan melakukan sahur.
 
Dalam menyambut perayaan Lebaran, Pemkab Rembang mengadakan lomba dalam ajang festival Thong-thong Lek yang disambut antusias warga. Tak jarang kelompok Thong-thong Lek rela mengeluarkan banyak dana agar bisa berpartisipasi dalam festival tersebut. Sejumlah kelompok bahkan memadukan alat musik tradisional dengan alat musik modern seperti gitar, bass, dan drum.

Warga tetap antusias meski hanya memperebutkan hadiah utama uang senilai Rp1,5 juta, jauh lebih kecil dari biaya yang harus dikeluarkan oleh satu kelompok yang bisa mencapai Rp15 juta. Bahkan ada yang menyewa truk trailer sebagai panggung berjalan, peserta menata alat musik dan speaker berukuran besar di bagian belakang truk.

Dalam festival tersebut peserta memainkan lagu-lagu religi dengan berkeliling kota, sehingga mampu menarik perhatian ribuan warga yang menanti peserta dengan berdiri di sepanjang jalan yang dilewati. Kini tak hanya lagu-lagu religi yang dimainkan, tetapi juga memainkan lagu dangdut hingga koplo dengan menggunakan syair-syair lagu religi.

Meski mendapat pertentangan dari sejumlah tokoh masyarakat, festival ini tetap digelar rutin menjelang Lebaran. Kalangan yang menentang mengusulkan agar tradisi Thong-thong Lek dikembalikan seperti semula, yaitu musik tradisional penggugah sahur yang menggunakan peralatan sederhana dari bambu dan peralatan dapur.

© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  

Selasa, 2 September 2014

Imsak

4:33

Maghrib

17:54

An-Nuur (Cahaya)
Kategori Surah :Madaniyyah, Jumlah Ayat : 64 Ayat
Lihat Semua Surah Al-Quran
Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Lowongan
Copyright © 2008 - 2014 PT. Viva Media Baru

Members of