"Ngabuburit" dengan Bermain Bowling Pasir

Ini permainan tradisi anak-anak di desa Nguling, Pasuruan.

Jum'at, 16 Agustus 2013, 00:36 Magang Viva, kumaysa
Serunya anak-anak bermain bowling pasir
Serunya anak-anak bermain bowling pasir (U-Report)

VIVAnews - Beragam cara dilakukan oleh anak-anak di Pasuruan, Jawa Timur untuk ngabuburit asik menunggu berbuka puasa, salah satunya dengan bermain bowling pasir. Permainan unik satu ini memang sudah menjadi tradisi anak-anak di desa Nguling, kabupaten Pasuruan.

Bowling ini bahan dasarnya dari pasir sungai yang dibentuk menjadi bulatan seperti bola. Setelah menjadi bola, pasir dicampur dengan lumpur agar berbentuk bulat padat yang siap untuk dimainkan di sirkuit bowling pasir.

Peserta permainan saling mengadu bola buatannya dengan meluncurkan bola pasirnya ke arena sirkuit bowling pasir yang sebelumnya dibuat di atas pasir hingga berbenturan. Jika bola tersebut pecah, peserta yang memiliki bolah pecah akan kalah dalam permainan ini dan digantikan peserta berikutnya. Peserta yang menang ialah yang memiliki bola bowling yang kuat dan tidak pecah selama permainan berlangsung.

Permainan yang tidak membutuhkan banyak biaya ini menjadi permainan favorit anak-anak di Pasuruan Timur dibandingkan dengan bermain play station. Karena dengan bermain bowling pasir anak-anak dapat bermain bersama sama, menciptakan kerukunan, kebersamaan dan permainan ini dapat dijadikan ajang silaturahmi antar anak-anak di desa Nguling Pasuruan.


© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  

Rabu, 23 Juli 2014

Imsak

4:33

Maghrib

17:54

Al-Muzzammil (Orang yang Berselimut)
Kategori Surah :Makkiyah, Jumlah Ayat : 20 Ayat
Lihat Semua Surah Al-Quran
Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Lowongan
Copyright © 2008 - 2014 PT. Viva Media Baru

Members of