Logo BBC

Blokir Tik Tok Dicabut, Warganet Terbebas dari 'Serangan Panik'

Blokir terhadap Tik Tok dicabut sejak Selasa (10/07) siang. - BBC
Blokir terhadap Tik Tok dicabut sejak Selasa (10/07) siang. - BBC
Sumber :
  • bbc

Aplikasi video pendek Tik Tok sudah dapat kembali diakses setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi mencabut blokirnya, Selasa (10/07).

Kembali aktifnya Tik Tok mendapat reaksi beragam dari warga dan netizen.

"Sudah dibuka blokirnya," ungkap Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kominfo, Noor Iza, lewat pesan singkat, Rabu (11/07).

Lebih jauh lagi Kominfo menyebut aplikasi asal Cina itu kembali bisa diakses di Indonesia karena Tik Tok telah setuju untuk menyensor "konten negatif".

Sebelumnya, aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia sepanjang Januari hingga Maret 2018 tersebut diblokir pemerintah pada 3 Juli. Kominfo menilai Tik Tok membiarkan peredaran konten pornografi dan yang memuat ujaran kebencian.

Pemerintah mengungkapkan konten negatif dihapus oleh Tik Tok dengan mempekerjakan "20 orang kurator konten di Indonesia". Jumlah kurator ini disebut akan ditambah menjadi 200 orang.

Selain itu, Tik Tok juga disebut setuju untuk menaikkan batas usia penggunanya menjadi 14-18 tahun. Sebelumnya, batasan umur pengguna Tik Tok adalah 12 tahun.