2010, Tarif Internet Dijamin Turun

VIVAnews - Akses internet di Indonesia diprediksi akan mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan turunnya tarif biaya akses internet di Indonesia.

"Upaya kami di 2010, khususnya di bidang telematika adalah menekan terus tarif internet turun supaya lebih terjangkau dan perluasan aksesnya," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Hal itu disampaikan Tifatul Sembiring usai acara Silaturahmi Nasional Keluarga Besar Pondok Modern Gontor, Senayan, Jakarta, Minggu 17 Januari 2010. "Dengan palapa ring misalnya atau proyek-proyek sejenisnya."

Menurut Tifatul, bila pengakses internet semakin tinggi, baik dari operator maupun provider, maka persaingan semakin ketat. Dengan demikian, lanjut dia, seluruh operator dan provider akan secara otomatis menurunkan tarifnya.

"Tarif selular juga kita upayakan akan lebih terjangkau. Tapi, kami juga perlu mengevaluasi terkait kualitas layanannya," lanjut mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Tifatul menegaskan, jangan sampai turunnya tarif mengakibatkan terbengkalainya kualitas atau QoS (quality of service). Hal ini yang sangat perlu diperhatikan oleh operator-operator.

"Kami ingin layanan selular merata tetapi dengan kualitas yang baik. Percuma saja layanan selular luas tapi masyarakat dikecewakan dengan kualitas layanannya," tegasnya lagi.

Kendati demikian, Tifatul belum dapat memprediksi angka penurunan tarif internet itu. "Itu tergantung tren pasar dan kompetisi yang berlangsung," kata Tifatul.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

ismoko.widjaya@vivanews.com

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024