Sistem Operasi

Sun Luncurkan Solaris Terbaru

Sun Microsystems baru-baru ini mengumumkan versi terbaru Sistem Operasi Solaris 10, Solaris 10 10/08, yang meliputi sejumlah update produk dan peningkatan melalui komunitas OpenSolaris.
 
Adapun fitur-fitur terbaru pada Solaris 10 10/08 adalah sistem file ZFS yang ditingkatkan dengan menawarkan peningkatan integritas data serta kemampuan pemulihan terhadap bencana yang terintegrasi. Sistem file ini kini dapat digunakan sebagai sistem file tunggal bagi kelas sistem manapun dengan dukungan proses booting sebagai sistem file utama.
 
Di samping itu, ada pula update terhadap virtualisasi dan Solaris Containers dengan berbagai fitur baru. Tujuannya agar pelanggan lebih mudah dalam memindahkan workload di antara sistem Solaris sekaligus mengurangi pengelolaan administrasi yang dibutuhkan untuk memindahkan container di antara konfigurasi sistem yang berbeda.
 
Pada sistem operasinya kini terdapat pula optimalisasi arsitektur Intel, dengan tambahan dukungan dari jajaran prosesor Intel Xeon terbaru. Dengan demikian, pelanggan dapat meraih manfaat dari adanya perbaikan fungsionalitas, efisiensi daya dan kehandalan sistem yang menggunakan CPU tersebut.
 
Solaris 10 versi 10/08 adalah hasil kolaborasi antara para teknisi Sun dengan anggota komunitas OpenSolaris. Seluruh fitur terbaru yang diberikan Sun dalam versi ini disertakan terlebih dahulu ke dalam sistem operasi OpenSolaris sebelum dimasukkan ke Solaris 10 versi 10/08 enterprise.
 
"Dengan peningkatan teknologi virtualisasi terbaru, update sistem file ke format ZFS dan optimisasi sistem Intel, Solaris 10 10/08 merupakan platform ideal untuk membantu pelanggan melakukan konsolidasi dan penyederhanaan datacenter. Semua ini dituntut seiring penyusutan dana dan pembekuan aset," ujar Jim McHugh, Vice President, Sun Datacenter Marketing, dalam keterangan resmi kepada VIVAnews, Selasa 2 Desember 2008.
 
Melalui peningkatan model Sistem Operasi Solaris, pelanggan dimungkinkan dengan mudah meng-upgrade ke Solaris 10 10/08 tanpa harus repot menambah atau meningkatkan hardware/software, sertifikasi ulang proyek atau aplikasi yang sudah ada.
 
Sebagai tambahan, Sun tetap menjamin kompabilitas Solaris 10 10/08 terhadap lebih dari 7.000 produk third-party dan aplikasi yang dikembangkan secara internal oleh pelanggan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024