4 Alasan RIM Perlu Bangun Server di Indonesia

Ilustrasi ruang server
Sumber :
  • portcityds.com

VIVAnews - Maraknya kabar seputar pemblokiran layanan BlackBerry di Indonesia membuat Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, merasa perlu menjelaskan permasalahan seputar isu terkait.

“Intinya, mereka (Research In Motion) beroperasi di Indonesia, tetapi belum membangun infrastruktur atau server di Indonesia,” kata Tifatul di sela jumpa pers di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa 10 Agustus 2010.

Sesuai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), menurut Tifatul, penyelenggara telekomunikasi harus mendirikan server di Indonesia. “Sama halnya dengan institusi internasional, atau bank internasional, posisinya sama dengan RIM,” kata Tifatul. “Bank internasional saja wajib membangun data center di sini."

Tifatul menyebutkan, pihaknya sudah menyurati produsen BlackBerry tersebut untuk membangun server di Indonesia.

“Isi suratnya, kurang lebih berupa imbauan kami untuk membangun server di Indonesia beserta alasan pemerintah mengapa mereka diwajibkan untuk membangun server,” ujar Tifatul.

Pertama, Tifatul menjelaskan, adalah aspek legalitas. Sesuai UU ITE, penyelenggara telekomunikasi harus mendirikan server di Indonesia.

Israel Serang Iran saat Pemimpin Tertingginya Ali Khamenei Ultah ke-85 Tahun

Kedua, pemerintah akan kehilangan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). "Kalau mereka tidak bangun, bagaimana kita mendapatkan PNBP dari mereka. Sementara itu, kalian hanya menjadi objek pasar mereka,” ucapnya.

Ketiga, dia menjelaskan, pihaknya berharap akan ada penurunan tarif yang diakibatkan karena lokalisasi layanan (server lokal).

Keempat, tujuannya adalah untuk memudahkan proses penyelidikan pada tersangka kejahatan korupsi atau ancaman terorisme dengan adanya taping (rekaman pembicaraan). (art)

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya
Ilustrasi Olahraga

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Olahraga ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran seperti jalan kaki, bersepeda, senam Aerobik, yoga dan masih banyak lagi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024