Outsourcing, Operator Telekomunikasi Irit 23%

foto ilustrasi bts
Sumber :

VIVAnews - Pasar telekomunikasi global kini semakin menantang. Dari sisi operator, pendapatan rata-rata per pengguna (Average Revenue Per User/ARPU) tidak bertambah, sedangkan popularitas smartphone mengakibatkan efek samping berupa melonjaknya kebutuhan atas trafik data.

Selain itu, pelanggan mengharapkan kualitas layanan yang diberikan oleh operator terus terjaga. Sementara itu, di saat yang sama, ratusan juta penduduk yang berpenghasilan rendah belum terjangkau konektivitas broadband bergerak.

“Operator perlu membedakan core bisnis dan konteks dalam usaha mereka. Melakukan outsource dapat membantu mereka agar lebih fokus menangani tuntutan pasar yang dinamis,” kata Steven McFeeley, Head of Managed Services Asia Pacific, Nokia Siemens Networks, pada keterangannya, Rabu 20 Oktober 2010.

Dengan melakukan outsource, menurut McFeeley, operator dapat melakukan efisiensi antara 20-23 persen. “Efisiensi bahkan bisa lebih, atau mungkin juga kurang dari itu, tergantung bagaimana sistem yang saat ini dimiliki operator penyedia layanan komunikasi yang bersangkutan,” ucapnya.

McFeeley menyebutkan, untuk membantu operator dalam melakukan efisiensi, Nokia Siemens Networks menawarkan berbagai layanan outsourcing. Mulai dari network operation, performance management, quality of service, energy management, cost saving solution, value added services, hingga sistem IT para Communication Service Provider (CSP).

“Dengan melakukan outsource dan menerapkan managed services, operator dapat meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus penghematan biaya,” klaim McFeeley. (art)

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih
Park Sung Hoon di drama Queen of Tears

Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears

Park Sung Hoon, aktor yang memerankan karakter Yoon Eun Sung dengan peran antagonis dalam drama Queen of Tears baru-baru ini membuat kejutan meminta maaf ke penonton.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024