Pesawat Swasta Pertama Kembali ke Bumi

Peluncuran pesawat luar angkasa SpaceX
Sumber :
  • io9

VIVAnews - Ingat berita tentang pesawat luar angkasa komersial pertama? Ya, pesawat itu berhasil menjalankan misinya dan kembali ke Bumi. Kapsul tersebut dikabarkan jatuh di Samudera Pasifik sesuai perintah.

Kapsul milik Space Exploration Technologies Corp, yang dikenal pula dengan SpaceX, mengangkasa selama tiga jam setelah berhasil meluncur melalui Complex 40, Stasiun Angkatan Udara Amerika Serikat Cape Canaveral Florida.

Menumpang roket Falcon 9, kapsul antariksa robotik bernama Dragon, berhasil meluncur pada Rabu 8 Desember pukul 10.52 waktu setempat. Sesaat setelah itu Dragon berhasil mengitari bumi di orbitnya sebanyak dua kali.

Demonstrasi ini diusung langsung oleh badan antariksa Amerika Serikat NASA sebagai tonggak pertama yang memungkinkan sipil mengunjungi stasiun luar angkasa, dan pada akhirnya menjadikan tumpangan astronot tersebut sebagai bisnis swasta.

Pesawat antariksa Dragon kembali memasuki atmosfer bumi dan mendarat di Samudra Pasifik, tepatnya di 805 km dari pantai Meksiko.

SpaceX adalah perusahaan penerbangan antariksa swasta yang berbasis di Hawthorne, California dan didirikan oleh pengusaha internet Elon Musk.

Musk adalah salah satu pendiri (co-founder) sistem pembayaran online PayPal, yang baru-baru ini membekukan akun milik situs pembocor rahasia WikiLeaks. Selain itu, Musk juga merupakan CEO perusahaan listrik Tesla.

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

SpaceX bukanlah satu-satunya pesawat luar angkasa komersial. Ada kurang lebih sembilan pesawat yang siap membawa Anda ke luar angkasa jika Anda mau. Mau tahu? Simak di link berikut ini. (umi)

Tim Hukum Prabowo Sebut Amicus Curiae MK Bentuk Intervensi Peradilan

Wakil Ketua Tim Hukum Prabowo-Gibran, Fahri Bachmid angkat bicara soal upaya berbagai pihak yang mengajukan diri sebagai amicus curiae, termasuk Megawati Soekarnoputri me

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024