VIDEO: Letusan Bintik Matahari Kacaukan Bumi

UFO di sekitar Matahari
Sumber :
  • http://sohowww.nascom.nasa.gov

VIVAnews - Sekitar dua pekan lalu, letusan bintik matahari dikabarkan mengarah ke Bumi. Dampak suar matahari itu dilaporkan sempat mengacaukan jaringan radio telekomunikasi di seluruh dunia.

Perkiraan kerusakan telekomunikasi itu disimpulkan berdasarkan efek letusan bintik matahari yang pernah terjadi. Dalam empat tahun terakhir, sebuah suar matahari yang sangat kuat telah membuat badai cuaca yang hebat. Selama ini badai itu kerap mengganggu jaringan telekomunikasi di Bumi.

Hal itu diungkapkan Profesor Daniel Baker, seorang ahli cuaca ternama asal University of Colorado, seperti dimuat oleh Cellular News, sekitar awal pekan lalu.

"Selama beberapa tahun terakhir, sejak awal abad 20, matahari cukup tenang. Tapi sekarang ia memuntahkan miliaran ton partikel, dan memicu badai geomagnetik di medan magnet Bumi. Muntahan partikel sekuat itu mampu menyebabkan gangguan telekomunikasi, sistem navigasi penerbangan, dan arus listrik," jelas Baker.

"Letusan matahari itu juga menganggu keamanan para astronot, dan awak pesawat," tandas profesor yang pernah menjabat Ketua Komite National Research Council 2008 dengan hasil riset bertajuk "Severe Space Weather Events".

Letusan bintik matahari itu berhasil terekam oleh kamera satelit milik NASA. Simak videonya di sini.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024