Letusan yang Lebih Hebat dari Grimsvotn

Gunung Grimsvotn di Islandia meletus
Sumber :
  • AP Photo/Halldora Kristin Unnarsdottir

VIVAnews - Gunung Grímsvötn, gunung yang berada di kawasan Tenggara Islandia meletus pada 21 Mei 2011 lalu. Akibat letusan, debu dan partikel terlontar ke udara hingga ketinggian 12 kilometer dan disertai oleh sejumlah gempa bumi.

Dibanding letusan gunung Grimsvotn di tahun 2004 lalu, skala letusan ini 10 kali lipat lebih dahsyat. Bahkan ini merupakan letusan terbesar Grimsvotn selama 100 tahun terakhir.

Meski letusan dahsyat gunung di Islandia itu mengancam kawasan sekitarnya dengan awan debu yang berbahaya, letusan itu belum ada apa-apanya dibanding letusan gunung di Io, salah satu bulan milik planet Jupiter.

Dari gambar diperoleh pesawat ruang angkasa Galileo, tertangkap dua letusan. Letusan pertama (pada gambar terlihat dalam bentuk jambul berwarna biru di bagian atas gambar), menghasilkan lontaran volkanik hingga setinggi 140 kilometer dari permukaan bulan itu.

Letusan kedua, yang menghamburkan lontaran volkanik hingga setinggi sekitar separuh lontaran gunung pertama atau sekitar 70 kilometer, merupakan letusan gunung Prometheus, salah satu gunung berapi aktif di bulan milik Jupiter itu.

Sebagai gambaran, jika letusan gunung di Io melontarkan material vulkanik hingga 140 kilometer ke udara, letusan gunung Grimsvotn di Islandia ‘hanya’ melontarkan hingga ketinggian 20 kilometer saja.

MK Pastikan Tak Ada Deadlock Putuskan Perkara Sengketa Pilpres

Selain itu, ‘jambul’ gunung Prometheus telah aktif setidaknya selama 18 tahun terakhir. Dikutip dari Asylum, 26 Mei 2011, peneliti berasumsi bahwa jika ada makhluk hidup yang tinggal di Io, mereka pasti telah mengembangkan cara untuk mengatasi aktivitas volkanik yang telah terjadi sekian lama.

Berikut foto perbandingan letusan gunung Grimsvotn dan letusan gunung yang terjadi di Io.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Letusan Gunung Grimsvotn di Islandia dilihat dari satelit NASA

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam
Ilustrasi pasien dirawat di rumah sakit.

Ahli Ungkap 7 Tanda Sekarat hingga Sebabkan Kematian, Apa Saja?

Tanda dari kondisi sekarat umumnya bisa terlihat dari perubahan pada tubuh entah wajah, mata atau bahkan pembicaraan yang kadang dirasa aneh oleh keluarga.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024