Wordcamp Indonesia 2009 Digelar

VIVAnews -- Penyedia layanan blog WordPress menggelar acara WordCamp Indonesia 2009 di Gedung Erasmus Huis Kuningan Jakarta, pada 17-18 Januari 2009.

"WordCamp adalah pertemuan informal bagi para pengguna, pengembang, pembuat theme, desainer, marketer, serta para peminat WordPress di Indonesia," ujar Valen Mustamin, Ketua pelaksana acara WordCamp.

Yang menjadikan acara ini menarik, kata Valent, adalah kehadiran pengembang perintis WordPress, Matt Mullenweg ke Indonesia.

Hebat! Pasangan Dokter Ini Lagi-lagi Dibanjiri Rekor MURI

Matt adalah pengembang yang merintis berdirinya WordPress. Pria kelahiran Houston Texas Amerika Serikat, 25 tahun yang lalu itu, sebelumnya pernah bekerja di CNET.

Matt juga mendirikan beberapa perusahaan di balik WordPress seperti Automattic, Akismet, Gravatar, bbPress, dan BuddyPress.

30 Ucapan Selamat Paskah yang Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

Matt merasa tertarik datang ke Indonesia karena perkembangan WordPress di Indonesia begitu pesat.

"Saya ingin ke Indonesia untuk melihat melihat langsung penduduknya serta kebudayaannya," ujar Matt pada acara jumpa pers, Sabtu siang, 17 Januari 2009.

Sebelumnya, Matt mengaku tak tahu apa-apa tentang Indonesia. "Bahkan saya juga tak tahu letak Indonesia di peta," kata pria yang doyan ikan teri kering itu sambil terkekeh.

Tak semeriah Pesta Blogger 2008, acara WordCamp hari pertama dihadiri oleh sekitar seratus orang, yang kebanyakan adalah para blogger. Beberapa di antaranya adalah blogger senior seperti Kuncoro Wastuwibowo, Wicaksono, dan Enda Nasution.

Seorang blogger Malaysia, bahkan datang jauh-jauh dari Kuala Lumpur untuk bertemu dengan Matt. "Saya datang ke sini karena belum ada acara seperti ini di Malaysia," ujar Simon Lim.

Lim mengaku, ia tak hadir pada acara WordCamp di kawasan Asia Tenggara sebelumnya, yang diselenggarakan di Filipina. "Tapi saya akan hadir pada acara WordCamp Internasional yang akan digelar di San Francisco," kata pria yang mengelola blog bertema percintaan itu.

Pada WordCamp Indonesia 2009, Matt menceritakan sejarah WordPress dan perkembangannya. hadir pula Romi Satria Wahono yang membahas penggunaan WordPress untuk pendidikan. Pembicara lainnya adalan Nukman Luthfie yang membahas tentang penggunaan WordPress untuk blog perusahaan.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!

Selain itu, para peserta banyak melakukan sharing tentang pemanfaatan WordPress, termasuk bagaimana mencari penghasilan tambahan dari blog.

Polisi

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

pengalaman yang berbeda dialami oleh sekelompok polisi. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @lambe_turah, beberapa petugas polisi yang mengenakan seragam lengka

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024