Inspirasi Bjork dalam Berkarya: Touch Screen

Bjork
Sumber :
  • bjork.com

VIVAnews - Penyanyi eksentrik asal Islandia, Bjork, telah meluncurkan "Biophilia", yang merupakan app-album pertama yang dijual di Apple App Store. App-album (album aplikasi) ini merupakan koleksi dari sejumlah game, karya visual dan musikal yang ada di lagu-lagu Bjork.

Aplikasi "Biophilia" secara umum tersedia gratis. Tapi ada sejumlah sub-aplikasi yang berisi lagu dan game interaktif yang masing-masing dijual seharga 99 sen, atau US$9,9 untuk keseluruhan album.

Bjork memang dikenal sebagai musisi yang inovatif dalam penggunaan teknologi saat berkarya. Di album sebelumnya, "Volta", Bjork juga telah menggunakan instrumen touch screen atau layar sentuh, sebelum munculnya iPad.

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Bjork mengaku teknologi layar sentuh memang menjadi ide awal penggunaan teknologi dalam penciptaan lagu-lagunya.

"Saat tur 'Volta' saya telah menggunakan instrumen touch screen bernama Lemur dan Reactable," ujar Bjork. "Saya sangat tertarik untuk tidak hanya tampil dengan menggunakan instrumen touch screen, tapi juga menulis dengan menggunakan itu sejauh saya mampu," lanjutnya.

Bjork kemudian memahami, teknologi menjadi sangat rumit saat ini. Tapi, menurut Bjork, teknologi seharusnya bisa diterapkan dan dipahami secara sederhana.

Sering Pikirkan Kematian, Bunda Corla Galau Mau Dimakamkan di Jerman Atau Indonesia

Dalam perspektif Bjork, teknologi dianggap memiliki makna idiosyncratic (makna ganda suatu alat, misal: pisau bisa digunakan sebagai alat membunuh atau sebagai alat bedah).

"Karena sebuah alat hanyalah alat, dan jelas apps dan iPad juga hanya sebuah alat. Tapi mereka bisa diperlakukan layaknya manusia dan memiliki jiwa," tutur Bjork.

Bjork kemudian menjelaskan, "Biophilia" bukan hanya sebuah album musik, tapi juga proyek edukasi. Dengan demikian, tidak hanya bisa dinikmati secara musikal, Bjork berharap app "Biophilia" bisa digunakan sebagai media edukasi, melalui game dan konten lain yang ada di dalamnya. (adi)

Panglima Militer Israel Tegaskan Negaranya akan Membalas Serangan Iran
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor usai halal bihalal di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Ditetapkan Tersangka Korupsi, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Pasrah

Ditetapkan Tersangka Korupsi oleh KPK, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Pasrah

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024