Yogyakarta Siapkan Tiga Sekolah Siaga Bencana

Kepanikan gempa di pulau Sumatra
Sumber :
  • ANTARA/ Maril Gafur

VIVAnews - Tiga sekolah di Yogyakarta yaitu Sekolah Dasar (SD) Parangtritis, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Imogiri II, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Kretek menjadi pilot project sekolah siaga bencana. Pemilihan tiga sekolah  itu mengingat di daerah tersebut rawan bencana. Mulai dari gempa yang dapat menimbulkan tsunami hingga tanah longsor.

“Di SD Parangtritis dan SMA Kretek merupakan sekolah yang berada tak jauh dari pantai Selatan Yogyakarta sehingga rawan terjadinya gempa yang disusul dengan tsunami. Sedangkan, SMP Imogiri II merupakan sekolah yang tak jauh dari daerah penggunungan yang rawan longsor jika terjadi gempa dan juga hujan dengan intensitas tinggi,” ujar Ketua Pelaksanan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, DIY, Dwi Daryanto,  Sabtu, 21 April 2012.

Kurikulum siaga bencana telah diajarkan ke seluruh kelas mulai dari kelas 1 hingga kelas 12 di ketiga sekolah ini. Setiap bulan pun dilaksanakan simulasi tanggap dini terhadap bencana tanah longsor akibat gempa dan tsunami.

Menurut Dwi, pada tahap awal hanya tiga sekolah yang dipilih. Setelah itu target dikembangkan untuk seluruh sekolah di Kabupaten Bantul.

BPBD Kabupaten Bantul juga melaksanakan pilot project Desa Tangguh Bencana Gempa dan Tsunami. Pemerintah memilih tiga desa percontohan yakni satu desa di Kecamatan Sanden, satu desa di Kecamatan Srandakan, dan satu Desa di Kecamatan Kretek.

“Desa-desa tersebut merupakan desa yang paling dekat dengan pantai sehingga rawan terjadinya bencana gempa yang disusul dengan tsunami,” ujar Dwi.

Program sekolah siaga bencana dan desa tanggap bencana ini diharapkan membuat masyarakat yang berada di lokasi dapat sedini mungkin mengevakuasi diri saat terjadi bencana gempa dan tsunami. Langkah ini bertujuan untuk meminimalisasi korban jiwa.

“Kesadaran daerah yang rawan terhadap gempa dan tsunami dari masyarakat sendiri akan mendorong masyarakat untuk tanggap lebih dini terhadap bencana yang mengancam sewaktu-waktu,” imbuhnya.

Di Bantul sendiri telah ada sekitar 8 titik yang dipasangkan alat peringatan dini yang ditempatkan disepanjang pantai selatan Bantul. Ketika terjadi gempa dan disusul dengan tsunami, alat tersebut dapat menyala. Ini dapat menjadi peringatan kepada masyarakat agar menjauh dari pantai.

“Setiap tanggal 26 kami mencoba alat peringatan dini tersebut sehingga dapat diketahui apakah alat tersebut berfungsi dengan baik atau tidak,” jelasnya (umi)

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024