Di Facebook, Zuckerberg Kampanye Donor Organ

Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan
Sumber :
  • valleywag.com

VIVAnews - Sebuah fasilitas baru disediakan situs jejaring sosial, Facebook untuk para penggunanya: donor organ. Terobosan terbaru itu memungkinkan para Facebooker yang telah mendaftarkan diri sebagai donor organ untuk mempublikasikannya. Bagi yang belum, bisa mendaftarkan diri.

Nantinya, tombol 'Health and Wellbeing’ akan ditambahkan ke semua linimasa atau timelines para Facebooker.  CEO Facebook, Mark Zuckerberg menjelaskan latar belakang gerakan penggalangan donor organ. "Apa yang kami harapkan bakal terjadi adalah, dengan alat sederhana, orang-orang bisa menyabarkan kesadaran soal pentingnya donor organ, bahwa mereka ingin berpartisipasi demi rekan-rekan mereka. Kami ingin menjadi bagian untuk mengatasi krisis," kata dia dalam tayangan "Good Morning America" ABC TV, seperti dimuat Reuters, Selasa 1 Mei 2012 malam.

Zuckerberg mengaku mendapatkan inspirasi saat ngobrol sambil makan malam dengan kekasihnya, Priscilla Chan, yang sedang magang menjadi dokter anak. Ia juga mendapatkan ide dari apa yang dilakukan para Facebooker.

"Saat tornado menerjang Missouri, banyak orang menggunakan Facebook untuk mengumpulkan dan mengembalikan barang-barang yang si empunya mengira tak akan menemukannya lagi," kata dia.

Zuckerberg berharap, saat seorang Facebooker yang telah menjadi donor mengiklankan diri di lamannya, menjelaskan latar belakang kesediaannya, akan menginspirasi orang lain.

Survei menunjukkan, ada banyak alasan mengapa tak banyak orang setuju menjadi donor organ. Alasannya, bisa jadi mereka tak tahu betapa dibutuhkannya donor organ. Yang lain mengira, mereka tak akan mendapatkan penanganan medis optimal jika dokter tahu mereka adalah donor.

Menurut U.S. Department of Health and Human Services, rata-rata ada 79 orang yang menerima transplantasi organ tiap harinya. Sementara 18 orang meninggal tiap hari, saat menanti transplantasi. Jumlah organ yang didonorkan timpang dengan mereka yang membutuhkan.

Untuk sementara,layanan Facebook ini hanya tersedia di Inggris dan Amerika Serikat. (Reuters)

Mitsubishi Fuso Resmikan Diler 3S Baru di Morowali
VIVA Militer: Serah terima jabatan Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Serah terima baru saja dilaksanakan di lapangan Sadelor.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024