Gunung Padang Cilacap Lebih Maju dari Cianjur

Situs Gunung Padang di Cilacap tambahan
Sumber :
  • VIVAnews/Robbi

VIVAnews - Sebuah tumpukan batu yang tersusun secara teratur di Gunung Padang, desa Salebu, kecamatan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah, menjadi pembicaraan menarik para ahli. Ada yang mengatakan tumpukan batu itu terbentuk secara alami akibat intrusi magma. Susunan batu itu dikenal dengan sebutan columnar joint basalt.

Namun, ada juga yang menyebut Gunung Padang Cilacap itu merupakan hasil konstruksi manusia. Ini sama seperti punden berundak yang terdapat di Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat.

Setelah melihat foto yang diperlihatkan VIVAnews, arkeolog Universitas Indonesia, Ali Akbar, mengatakan kemungkinan besar Gunung Padang Cilacap itu merupakan buatan manusia. Gunung Padang Cilacap diduga sebagai punden berundak dari masa yang sama dengan Gunung Padang Cianjur, karena memiliki bentuk konstruksi yang sama.

Ali Akbar mencontohkan, adanya susunan batu yang diduga sebagai penyangga bangunan. Bentuk susunan batu ini sama seperti yang ada di teras dua Gunung Padang Cianjur.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Situs Gunung Padang di CilacapGunung Padang Cilacap

Gunung Padang, CianjurGunung Padang Cianjur

 
Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

"Ini untuk menguatkan struktur dari samping. Untuk dinding yang tidak terlalu tinggi," ujar Ali Akbar, saat ditemui di Kampus UI Depok, 29 Mei 2012.

Ali Akbar pun mengatakan hal menarik yang ditemukan di Gunung Padang Cilacap adalah batu kuncian. Bentuk batu kuncian itu agak sedikit berbeda dibanding Gunung Padang Cianjur.

Di Gunung Padang Cilacap, bentuk kuncian merupakan struktur batu yang dibentuk untuk saling mengisi. Ini seperti permainan tetris. Bentuk kuncian ini banyak ditemukan di bangunan candi-candi dari masa Hindu-Buddha.

Situs Gunung Padang di Cilacap tambahanBatu Kunci di Gunung Padang Cilacap

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal
 

Sedangkan di Gunung Padang Cianjur, kuncian itu berbentuk lubang di dua batu kuncian. Kemudian, batu kecil berbentuk bundar diletakkan di antara lubang yang ada dari dua batu tersebut.

"Di Cilacap agak lebih advance (maju). Kemungkinan usianya lebih muda, tapi tetap dari masa prasejarah," ujar Ali Akbar.

Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024