Bencana Nuklir Fukushima Kesalahan Manusia

Genangan air di kawasan reaktor nuklir Fukushima, Jepang.
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews - Bencana nuklir Fukushima ternyata tidak disebabkan hantaman tsunami yang memukul Jepang tahun lalu. Parlemen Jepang dalam laporan akhir bencana menyatakan insiden ini hasil perbuatan manusia.

Ombak besar melumpuhkan peralatan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, Jepang tahun lalu. Kerusakan ini menghasilkan penyebaran gelombang radioaktif. Akibatnya, puluhan ribu penduduk harus mengungsi. 

"Menurut kajian komisi pada 11 Maret, kami meyakini pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi sudah dalam kondisi yang rentan. Tidak ada jaminan reaktor ini bisa tahan guncangan gempa dan hantaman tsunami," ujar juru bicara Komisi Investigasi Independen Bencana Nuklir Fukushima pada Kamis lalu.

"Sudah jelas kecelakaan ini merupakan bencana akibat kesalahan manusia. Pemerintah, regulator, dan Perusahaan Listrik Tokyo kurang mampu bertanggung jawab melindungi keselamatan jiwa dan lingkungan,"  imbuhnya seperti dilansir dari Aljazeera.

"Kendati memiliki kesempatan untuk melakukan pengukuran, regulator dan managemen TEPCO malah tidak melakukan tindakan atau mengambil keputusan. Pada masa yang rentan ini mereka malah melindungi dirinya," urainya.

Komisi independen mengatakan pemerintah Jepang bertindak lamban dalam menangani masalah saat itu. Kelambanan ini dikatakan karena mereka tidak siap menanganinya.

Komisi ini diluncurkan pada Desember 2011 sebagai permintaan partai oposisi. Badan ini menjadi langkah altrnatif dari penyelidikan administratif krisis nuklir terburuk yang pernah terjadi. (eh)

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang
Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024