Sengketa Paten, Kodak Dikalahkan RIM - Apple

Markas Kodak di Rochester, New York
Sumber :
  • REUTERS/ Gary Wiepert

VIVAnews - Kodak dilaporkan telah kalah dalam kasus sengketa paten melawan Apple dan Research in Motion. Gugatan paten terkait melihat pratinjau gambar digital.

Mengutip laman Mashable, Komisi Perdagangan Internasional International (ITC) mengatakan sependapat dengan putusan hakim yang menyatakan baik Apple maupun RIM tidak melanggar paten Kodak untuk preview gambar digital.

Kerugian ini dapat menghancurkan Kodak, setelah sebelumnya telah mengajukan kebangkrutan pada Januari lalu. Padahal, Kodak berharap bisa menjual patennya sebagai cara untuk membangkitkan perusahaan.

Kodak awalnya mengajukan gugatan terhadap RIM dan Apple pada Januari 2010. Pada saat itu, Kodak berusaha agar RIM dan Apple membayar biaya lisensi atas penggunaan teknologi tersebut.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Teknologi ini, menurut Kodak, telah dipatenkan sebagai pratinjau dalam sebuah layar. Kodak pada waktu itu mentargetkan bisa dapat lebih dari US$ 1 miliar dari Apple saja.

Apple kemudian balik menggugat Kodak pada bulan April 2010. Produsen iPhone ini mengklaim benar-benar menemukan teknologi pratinjau gambar yang diklaim oleh Kodak. Namun, kasus tersebut masih tertunda, pendakwaan dalam gugatan terpisah.

Sebagaimana dicatat The New York Times, gugatan ini telah berlangsung selama lebih dari 30 bulan. Hakim yang pertama kali menangani kasus ini pensiun di tengah proses gugatan menolak gugatan Kodak dalam keputusan awal pada Januari 2011.

Atas keputusan terbaru itu, Kodak mengatakan akan mengajukan banding.

Selebram Meli Joker.

4 Selebgram Indonesia yang Putuskan Bunuh Diri, Terbaru Meli Joker Saat Live Instagram

Fitri Meliana, yang lebih dikenal sebagai Meli Joker di dunia maya, ditemukan meninggal dunia di kamar mandi rumahnya setelah mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024