Singa Afrika Barat di Ambang Kepunahan

Singa Afrika Barat
Sumber :
  • predatoraware.wildlifedirect.org

VIVAnews - Populasi singa Afrika Barat dilaporkan tinggal menunggu kepunahan. Jumlah spesies ini semakin menurun diduga akibat perburuan dan semakin sempitnya habitat mereka.

Menurut para ahli konservasi, populasi singa dengan nama latin Panthera leo senegalensis ini diperkirakan tersisa hanya 645 ekor di Afrika bagian Barat dan Tengah.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Dari jumlah tersebut sedikitnya 34 singa yang tersisa ada di Nigeria. Sementara kelompok singa lainnya tersebar di Burkina Faso, Republik Niger, Republik Afrika Tengah, Kamerun dan Chad. Singa ini sudah punah di negara-negara seperti Ghana, Pantai Gading dan Togo.

Padahal tiga puluh tahun lalu populasi singa masih 200.000 ekor berkeliaran liar di seluruh benua. Sekarang populasi tinggal antara 15.000 sampai 32.000 ekor singa dari berbagai spesies.

Selain sebaran populasi sangat terbatas. Singa Afrika Barat terancam oleh kehilangan habitat, kehilangan mangsa alami akibat perburuan liar dan konflik manusia.

Ancaman juga termasuk kebutuhan tulang singa yang digunakan untuk memasok kebutuhan obat tradisional Asia karena tulang harimau lebih langka.

Para ahli dari kelompok konservasi LionAid mengatakan singa Afrika Barat diacuhkan oleh pemerintah setempat. "Singa ini telah diabaikan untuk waktu yang sangat lama dan tidak memiliki program perlindungan yang memadai," kata Dewan pengawas LionAid, Dr Pieter Kat seperti dilansir Dailymail, 9 Januari 2013.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024