Kirim Astronot ke Luar Angkasa, AS Numpang Rusia

Astronot-astronot yang bekerja di International Space Station
Sumber :
  • nasa.gov
VIVAnews -
3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya
Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menghentikan proyek pengiriman astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau
International Space Station (ISS)
PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim
pada tahun 2011.
Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Saat ini, NASA mengandalkan Badan Antariksa Rusia untuk menerbangkan astronot-astronotnya ke ruang angkasa. Artinya, Rusia menjadi satu-satunya negara yang bisa mengirimkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.


Kepala NASA, Charles Bolden mengatakan, penyebab NASA tidak bisa mengirimkan astronot ke luar angkasa adalah minimnya dana yang diberikan oleh pemerintah Barack Obama.


"Sampai tahun 2017, NASA tidak akan bisa mengirimkan awaknya ke luar angkasa," kata Bolden, dilansir
CSMonitor,
2 Mei 2013.


Kongres AS memang tidak menyetujui pengeluaran anggaran untuk proyek pengiriman awak NASA ke luar angkasa. "Penolakan dana ini akan menimbulkan dampak pada program-program luar angkasa NASA," ujar Bolden.


Beruntung


Untuk tetap bisa mengirimkan astronotnya ke Stasiun Luar Angkasa, NASA akhirnya membuat kesepakatan dengan Badan Antariksa Rusia untuk menerbangkan astronot dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Soyuz.


Dalam kontrak dengan Rusia, NASA akan mengirimkan enam astronotnya pada tahun 2016 dan 2017. Rusia pun meminta bayaran sebesar US$424.000.000, setara Rp4 triliun untuk enam orang astronot.


Artinya, satu orang astronot harus membayar US$70 juta atau sekitar Rp688 miliar. Harga tersebut telah dinaikkan Rusia, dari sebelumnya per US$65 juta, setara Rp632 miliar, per astronot.


Tidak hanya menerbangkan astronot-astronot NASA, Rusia juga diketahui bekerja sama dengan sejumlah negara Eropa, Kanada, dan Jepang untuk pengiriman astronot ke luar angkasa.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya