Ini Robot Terbang Terkecil di Dunia

Robot serangga
Sumber :
  • businessinsider.com
VIVAnews -
Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!
Peneliti Universitas Harvard AS mengembangkan robot terbang terkecil di dunia. Mengadopsi bentuk serangga, beratnya hanya beberapa gram, tapi otot sayapnya punya kekuatan elektronik super cepat.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Dilansir
Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka
BBC, 3 Mei 2013, robot yang dikembangkan dari serat karbon ini dapat digunakan untuk mendukung operasi penyelamatan. Misalnya, menavigasi reruntuhan bangunan melalui ruang sempit serta kemampuan terbang yang gesit, bisa menghindari pukulan manusia.


Dengan performa sayapnya, robot serangga ini mampu melakukan manuver senyap, datang tiba-tiba, melayang di udara hampir tak terlihat. Seperti halnya lalat, sayap fleksibel robot ini dapat mengepakkan sayap 120 kali tiap detik.


Soal performa sayap yang cepat itu, peneliti memanfaatkan bahan muatan listrik pada benda padat (pizoelektrik) khusus, yang menyusut tiap kali tegangan listrik diaplikasikan.


Dengan peralihan tegangan
on and off
yang sangat cepat itu, peneliti mampu menjadikan material khusus ini dapat berperilaku seperti otot kecil pada sayap lalat yang bergerak begitu cepat.


"Kami membuatnya menyusut dan rileks, seperti halnya otot biologis," ujar pemimpin peneliti, Dr. Kevin Ma dari Harvard University.


Perbandingan besar robot terbang dengan koin logam. (BBC)


Evakuasi Sampai Pertanian

Tujuan utama penelitian ini untuk memahami bagaimana serangga terbang, bukan untuk membangun robot yang bisa dijalankan. "Tapi, sebagai tujuan akhir, robot serangga bisa mendorong penelitian selanjutnya," tambahnya.

Meski penelitian hanya untuk mengkaji cara terbang serangga, ia tidak memungkiri, robot itu dapat mendukung evakuasi, pemantauan lingkungan sampai pertanian.

"Mereka bisa digunakan untuk alat pemantauan lingkungan. Robot disebar ke dalam habitat untuk mendeteksi jejak bahan kimia atau faktor lainnya," ujar Ma.

Saat ini, model robot masih didukung pengisi daya kecil yang ditambatkan pada robot itu. Nah, dalam beberapa tahun lagi, Dr Ma akan membuat versi robot yang sepenuhnya nirkabel.

"Sampai saat itu, proyek penelitian terus menjadi pekerjaan yang menawan, karena kemiripannya dengan serangga alami. Ini adalah pertunjukan seberapa jauh pencapaian kecerdikan rekayasa manusia, untuk meniru sistem alam," katanya.

Penelitian ini dilaporkan telah terbit di jurnal Science. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya