LIPI Lestarikan Bunga Bangkai di Pot

Bunga bangkai di Kremlin
Sumber :
  • SP/Syarif Abdullah
VIVAnews -
Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini
Bunga bangkai
(Amorphophallus titanium)
Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi
merupakan salah satu tumbuhan langka di Indonesia. Bunga raksasa yang memiliki bau kurang sedap ini menjadi ikon di Kebun Raya Bogor dan tersohor sampai ke seluruh dunia.
Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Semakin hari keberadaan bunga bangkai semakin langka. Namun, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengantisipasinya dengan membuat program 'Menanam Bunga Bangkai dalam Pot' guna mencegah kepunahan flora satu ini.

Para peneliti LIPI pun berhasil melakukan pembibitan dengan melakukan penyerbukan silang buatan pada tanaman langka itu.


"Pembibitan ini merupakan persilangan pertama yang berhasil dilakukan di Indonesia," kata Mustaid Siregar, Kepala PKT Kebun Raya Bogot, di acara HUT ke-196 Kebun Raya Bogor, Bogor, 21 Mei 2013.


Mustaid mengatakan, pengembangan bunga bangkai di dalam pot bertujuan untuk membudidayakannya agar tidak punah. "Harapan ke depan, agar masyarakat bisa ikut menanam bunga bangkai sebagai salah satu langkah konservasi," ujarnya.


Penelitian selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana cara agar tanaman itu bisa tumbuh lebih cepat. Seperti diketahui, waktu normal dari bunga bangkai mengembangkan bunganya adalah 10 tahun dari awal tumbuhan itu ditanam.


Pembibitan bunga bangkai oleh LIPI
Pembibitan bunga bangkai dengan penyerbukan silang buatan oleh LIPI, 21 Mei 2013.

Penyerbukan Silang Buatan


Sementara menurut Dian Latifah, Peneliti Budidaya Bunga Bangkai Kebun Raya Bogor, penyerbukan silang buatan dilakukan dengan cara menguaskan serbuk sari ke bunga betina.


Setelah itu, tanaman akan menghasilkan buah yang di dalamnya terdapat biji-biji. Dari biji-biji itulah bunga bangkai dihasilkan.


"Dengan keberhasilan penyerbukan buatan pertama ini, maka kami percaya penyerbukan kedua dan seterusnya akan berhasil," kata Dian.


Dari hasil pembibitan penyerbukan silang buatan bunga bangkai, tanaman yang berhasil hidup sudah memiliki umur delapan bulan.


"Saat ini, tanaman bunga bangkai yang berhasil hidup ada sekitar 90 pot. Itu berasal dari 400 biji, tapi hanya 200 yang unggul. Kemudian dari 200 biji itu, yang berhasil tumbuh hanya 90," jelas Dian.


Mengenai berapa harga dari tanaman bunga bangkai, peneliti belum mengetahuinya. Diperkirakan tanaman langka ini bisa memiliki harga yang cukup mahal.


"Mungkin saja mencapai satu juta rupiah per pot, tapi nanti uangnya buat biaya riset di kemudian hari," ungkap Dian.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya